• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Nyantri

Aqil Baihaqi: Dulu Santri yang Suka Galau, Kini Sukses Jadi Motivator Nasional

Aqil Baihaqi: Dulu Santri yang Suka Galau, Kini Sukses Jadi Motivator Nasional
M Aqil Baihaqi, Dari Santri Hingga Jadi Motivator Nasional (Foto diambil dari Instagram M Aqil Baihaqi)
M Aqil Baihaqi, Dari Santri Hingga Jadi Motivator Nasional (Foto diambil dari Instagram M Aqil Baihaqi)

NU Online Jombang,

Bagi M Aqil Baihaqi, seorang motivator tak ubahnya seperti pendakwah. Memberikan suntikan-suntikan positif, mempengaruhi pikiran dan mengubah mindset negatif menjadi positif adalah kepiawaian seorang motivator pun pendakwah. Jika keduanya digabungkan dalam satu profesi, maka muncul motivator dengan pendekatan ilmu Al Qur'an, Hadits, Tasawuf. Seperti dirinya.

 

Menurut Aqil, sangat jarang seorang da'i bisa dengan mudah masuk di korporasi kecuali saat hari-hari besar Islam. 

 

"Di sinilah kesempatan bagi seorang motivator untuk masuk. Bagaimana ranah dakwahnya dikemas dengan cara-cara profesional, modern, dan mudah dipahami oleh setiap orang yang mendengarnya," terangnya.

 

Untuk menunjang profesi dan tujuan dakwahnya sebagai seorang motivator yang aktif di berbagai perusahaan seluruh Indonesia, ia mendirikan sebuah perusahaan PT Hafara Aqiba Nusantara dengan website www.hafaragroup.com. Fokusnya di bidang peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia berupa training, coaching, consulting, dan motivating.

 

Cerita Tentang Masa Kecil Aqil yang Kerap Galau

Aqil kecil seringkali merasa galau, meratap, mengeluh pada keadaan hingga putus asa dalam hidup. Namun, 2014 menjadi tahun titik balik Aqil menjadi sosok yang memiliki semangat, mindset positif, dan percaya diri. Itu adalah waktu dimana ia mengikuti kelas pelatihan Hypnosis.

 

Bagi Aqil yang memiliki keluarga dengan dengan agama yang kental, pendidikan tak hanya berasal dari sekolah, dan pondok karena orang tua dan lingkungannya juga berperan penting. 

 

Lahir di Lingkungan Pesantren 

Sejak kecil, Aqil terbiasa hidup di Pesantren. Ia lahir di lingkungan pesantren tertua di Jombang yakni, Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas.

 

Dan, siapa sangka jika Aqil yang dulu suka menggalau kini sukses menjadi motivator nasional.

 

Putra ketiga dari pasangan seorang tokoh agama di kota Jombang yakni, Drs KH Moch. Ishom Achmadi dan Hj Nur Azizah ini pertama kali diberikan kepercayaan memberikan motivasi untuk para pelajar tingkat SLTA di gedung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang. Saat itu, aqil masih kelas 3 madrasah aliyah.

 

Ayah Aqil seorang mubaligh. Itu pula yang membantu Aqil menguasai public speaking yang baik. Sering melihat sosok ayahnya yang berdakwah membuat Aqil memiliki role model untuk mengasah bakatnya.

 

Selain mendapatkan didikan agama dari kedua orang tuanya sendiri, ia juga memperdalam ilmu agamanya di Ponpes Bahrul Ulum. Sejak ia sekolah di madrasah ibtida’iyah telah terlihat benih-benih kemampuan public speakingnya

 

Perawakannya yang tinggi, atletis, serta wajah yang rupawan menjadi satu paket komplit dengan kemampuannya memberikan motivasi.

 

Karena kemampuannya itu, saat ini Ia dikenal sebagai seorang motivator muda nasional terbaik di Indonesia dari background santri. Hal itu karena ia telah berpengalaman memberikan inspirasi dan motivasi di berbagai kota di Indonesia.

 

Pria kelahiran tahun 1995 dari kota santri Jombang, Jawa Timur ini diakui sebagai seorang motivator nasional terbaik dari background santri karena berbagai sebab.

 

Disamping kemampuannya yang di atas rata-rata, salah satunya lagi karena minimnya motivator yang sangat aktif memberikan inspirasi dan motivasi di berbagai perusahaan nasional dan kementerian republik Indonesia dari background santri membuat nama dan skill Aqil diperhitungkan.

 

Penulis Buku-Buku Motivasi

M Aqil Baihaqi juga menulis beberapa buku di antara yakni, Not Zero but Hero, One to Nine (Kisah Inspiratif sang Motivator), The Secrets of Life Transformation with NLP (cara mengubah kebiasaan buruk, meningkatan potensi, komunikasi dan persuasi), dan Make Your Success Easily (strategi ampuh dalam mewujudkan kesuksesan). 

 

Sebagai seorang motivator, ia menampilkan materi yang berbeda dengan motivator lainya. Salah satu materi yang ia ciptakan adalah Mind Heart Management yang mengusung konsep dakwah di dalamnya. 

 

Mind Heart Management

Ia meyakini bahwa dalam meraih kebahagiaan hidup dan ketenangan jiwa tidak hanya melibatkan aspek mind (pikiran) melainkan juga melibatkan heart (hati). 

 

"Seringkali banyak orang ketika menghadapi permasalahan hidup jiwanya akan terganggu dan mengalami gangguan psikosomatis seperti perasaan khawatir, anxiety, trauma, ketakutan berlebih, dan lain-lain. Pada kondisi seperti itu seringkali seseorang mencoba untuk berpikiran positif (positive thinking), tetapi hal tersebut tidaklah mengubah perasaanya menjadi lebih baik," ujar Aqil.

 

Oleh karena itu, ia menemukan bahwa ada aspek lain yang dapat menjadikan seseorang mampu meraih ketenangan jiwa dan kebahagiaan hidup. Itu dapat terjadi ketika orang tersebut mampu mengelola hatinya.

 

Karena menurutnya, perasaan negatif tersebut merupakan adanya tanda-tanda penyakit hati yang menjadikan seseorang sulit merasakan kebahagiaan. 

 

Penyakit hati inilah yang dapat menghambat seseorang dalam mencapai prestasi kerja yang optimal. Mind Heart Management hadir sebagai salah satu solusi agar seseorang dapat mengelola pikiran dan hatinya agar dapat mengelola emosi dengan baik, meraih kebahagiaan hidup, dan mencapai prestasi kerja yang optimal.

 

Menggabungkan Ilmu Tasawuf dan Psikologi

Berbekal pengetahuan dan pengalamanya selama di pesantren Aqil terus mengasah kemampuan untuk menjadi motivator yang menginspirasi.

 

Kuliahnya di jurusan Tasawuf Psikoterapi, juga sangat membantunya untuk mendesain pelatihan motivasi dengan menggunakan pendekatan Al-Qur’an, Hadits, Tasawuf, Psikologi, Neuro-Linguistic Programming, Hypnotherapy, dan Coaching.

 

Tak terhitung perusahaan yang menggunakan jasanya dalam membangun mindset karyawannya. Mulai dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Kementerian Agraria dan Tata Ruang RI, Kementrian Sosial RI, Kementerian Keuangan RI, Kementrian Komunikasi dan Informasi RI sampai Pertamina, PT. KAI, PT POS Indonesia.

 

Belum lagi berbagai bank di Indonesia. Dari Bank BNI, Tbk, Bank BRI, Tbk, Pegadaian, ANTAM, Mercedes Benz Indonesia, Tunas Honda Motor, CJ Feed Lampung, Champ Resto Indonesia, dan masih banyak yang lainnya.

 

Ya Santri, Ya Motivator Nasional yang Hebat

Karir Aqil dimulai ketika usianya masih belia. Di usia 19 tahun, saat ia baru memasuki dunia kampus, ia sudah mulai melangkah menjadi motivator bagi corporate. Hal tersebut diungkap dalam website pribadinya www.aqilbaihaqi.com.

 

Karena kompetensi yang telah dikuasai sejak pertama kali masuk kuliah, yang ia dapatkan dari berbagai pelatihan pemberdayaan diri yang disertifikasi oleh berbagai lembaga, baik level Nasional dan Internasional membuatnya menjadi seorang Motivator yang handal. Dan berkat kemampuannya dibidang Mind Technology itulah ia diundang diberbagai perusahaan level nasional, BUMN, dan Kementerian Republik Indonesia.

 

Sangatlah jarang ditemui, ada seorang santri yang menjadi motivator hebat. M Aqil Baihaqi ini menjadi salah satu contoh motivator nasional dari background santri yang berhasil masuk di bidang human development yang memfasilitasi pengembangan dan peningkatan sumberdaya manusia di Indonesia. 

 

Menurutnya, motivator merupakan sebuah profesi yang sama halnya dengan para pendakwah. Baginya motivator adalah jalan dakwahnya. 

 

"Karena dengan menjadi seorang motivator dapat memberikan sentuhan-sentuhan spiritual diberbagai perusahaan, instansi, dan lembaga pemerintah," kata M Aqil Baihaqi, Senin (11/7/2022).


Nyantri Terbaru