Home Warta Daerah Laporan Keuangan Bahtsul Masail Nasional Pengurus BMT NU Fiqih Opini Keislaman Amaliyah NU Khutbah Ekonomi Nyantri BMT NU

Pesantren Al-Muhajirin III Bahrul Ulum Peringati Hari Santri dengan Berbagai Kompetisi

Pesantren Al-Muhajirin III Bahrul Ulum Peringati Hari Santri dengan Berbagai Kompetisi
Santri Ponpes Al Muhajirin III Bahrul Ulum gelar kompetisi di Hari Santri Nasional (Foto: NU Online/Amir)
Santri Ponpes Al Muhajirin III Bahrul Ulum gelar kompetisi di Hari Santri Nasional (Foto: NU Online/Amir)

NU Online Jombang,
Sebagai refleksi Hari Santri Nasional (HSN), Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muhajirin III, Bahrul Ulum, Tambak Rejo Jombang mengadakan acara yang memprioritaskan potensi santri. Santri harus Kreatif dan Inovatif menyongsong tantangan zaman yang makin maju.

 

Gelar semarak Hari Santri nasional (HSN) yang dilakukan Ponpes Al-Muhajirin III memberikan prioritas pada potensi santri sebagai bentuk respon menghadapai tantangan globalisasi. 

 

Acara yang digelar di Aula Ponpes Al-Muhajirin III, ini menggelar beberapa kompetisi. Beberapa diantaranya adalah, membuat kreasi Nadhom.

 

Nadhom adalah bait syair yang biasanya dihafalkan oleh santri, terutama santri yang berada di pondok salaf. Selain menjadi faktor pendukung dalam belajar bahasa Arab, pola melafalkan dengan irama tertentu membuat nadhom dapat dinikmati dan santri bisa mengekplorasi kemampuannya membuat irama dan melafalkan bahasa Arab dalam kompetisi ini.

 

Ananda Syahril, ketua panitia acara menyampaikan, acara untuk memperingati hari santri nasional ini juga sekaligus sebagai bentuk regenerasi untuk mengasah bakat dan potensi santri agar santri lebih produktif dan inovatif.

 

"Selain kompetisi Nadhom, kami juga menyelenggarakan kompetisi pagelaran drama dan public speaking," jelasnya.


Hal serupa juga disampaikan Ketua Ponpes Al-Muhajirin III Bahrul Ulum, Denmas Amirul Haq. Ia menyampaikan, maksud dan tujuan acara ini adalah sebagai bentuk refleksi peran santri serta tantangan santri di era millenial.

 

Menurut pria yang akrab disapa Denmas ini, hari santri bukan sebatas perayaan momentual saja. Tetapi, juga sebagai sarana untuk merefleksikan pikiran sekaligus mengasah potensi dan kemampuan sehingga tidak kaku dalam menghadapi tantangan zaman.

 

Selain mengungkapkan harapan, Denmas juga menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada para santri yang turut serta dalam kompetisi. Sekalipun dilakukan di masa pandemi dengan banyak keterbatasan, namun antusiasme para santri tidak surut. 

 

“Pandemi tidak menghalangi komitmen kami dalam menyelenggarakan acara ini. Kami ingin bersama-sama dalam mewujudkan santri yang terampil dan inovatif, pungkasnya.

 

Kontributor : Amir
Editor : Fitriana

Terkait

Nyantri Lainnya

terpopuler

rekomendasi