• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 31 Mei 2024

Nasional

Kemenag Tebar Pesan Damai dan Persaudaraan lewat PeaceSantren di Bahrul Ulum Jombang

Kemenag Tebar Pesan Damai dan Persaudaraan lewat PeaceSantren di Bahrul Ulum Jombang
Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemang RI, Muhammad Ali Ramdhani saat memberikan sambutan. Rabu (20/3/2024). (Foto: NU Online Jombang/Karimatul Maslahah)
Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemang RI, Muhammad Ali Ramdhani saat memberikan sambutan. Rabu (20/3/2024). (Foto: NU Online Jombang/Karimatul Maslahah)

NU Online Jombang, 
Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar PeaceSantren dalam mengisi bulan suci Ramadhan 2024 di Jombang, demi menyuarakan pesan-pesan perdamaian dan persaudaraan melalui musik grup band kenamaan, Gigi dan Padi Reborn. Rabu (20/3/2024).


"PeaceSantren adalah salah satu pilar penting untuk membangun bangsa. Dan pesantren, kita minta kembali untuk mengokohkan sebagai salah satu pilar utama," ujar Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani.


Ia menyebut, alasan diselenggarakan di pesantren karena komunitas pesantren selama ini berhasil membina keharmonisan dalam kehidupan sosial para santri, meskipun mereka berasal dari kemajemukan asal usul suku, latar belakang, dan karakter.


"Tentu hari ini kita ingin mendengar, apa pesan damai dari pesantren. Hari ini kita melewati fase yang menegangkan, di mana ada kontestasi, ini merupakan suasana pendinginan yang menunjukkan ruang perdamaian dengan seni yang menyentuh kalbu," jelas dia. 


Sebelumnya, Lanjut Ali, kegiatan peaceSantren telah digelar di Az Ziyadah Jakarta Timur (Sabtu, 16 Maret 2024).


"Kemudian hari ini di Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Kemudian akan di gelar di Pesantren Al Musaddadiyah Garut, Pesantren Sunan Pandanaran, Yogyakarta dan Pesantren Raudlatut Thalibin, Rembang," kata dia. 


Terpisah, M Sholahul Am Notobuwono salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum, mengatakan, kegiatan digelar di pesantren tapi tetap dapat dihadiri oleh masyarakat luas. Sehingga pesan perdamaian dapat tersalurkan. 


"Ini harapan besar Kemenag agar bangsa ini tidak ada pertentangan atau perdebatan yang mencolok lagi," ujarnya. 


Ia pun mengingat petuah dari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Wahab Chasbullah yang menyebut, Senjata paling tajam adalah persatuan, tidak ada yang lebih dari itu.


"Kita ingin bangsa ini damai kembali dan membangun Republik Indonesia bareng-bareng," pungkasnya.


Nasional Terbaru