• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Daerah

Gelar Aksi Nyata Peduli Sesama, Kemenag Tingkatkan Kepekaan Sosial

Gelar Aksi Nyata Peduli Sesama, Kemenag Tingkatkan Kepekaan Sosial
Penyerahan paket sembako oleh Ketua LP ma'arif NU jombang kepada warga Kec Sumobito (foto : dok. LP Ma'arif NU)
Penyerahan paket sembako oleh Ketua LP ma'arif NU jombang kepada warga Kec Sumobito (foto : dok. LP Ma'arif NU)

NU Online Jombang,

Peringati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-76, Kabupaten Jombang mengisi perayaan dengan menggelar aksi nyata peduli sesama, di 21 kecamatan yang berada di kabupaten Jombang, Selasa (21/12/2021).

 

Kepedulian atau kepekaan sosial adalah kemampuan untuk bereaksi atau berempati secara cepat dan tepat terhadap situasi sosial tertentu yang ada di sekitarnya. Hal ini sama seperti yang dilakukan keluarga besar Kemenag Jombang. 

 

Taufiqurrohman, kepala Kemenag Jombang mengatakan, dalam rangka menyemarakkan HAB, Kemenag melakukan aksi nyata peduli terhadap sesama. 

 

"Bakti sosial ini kami lakukan untuk meningkatkan kepekaan sosial keluarga besar kementerian agama terhadap masyarakat di lingkungan sekitar yang membutuhkan bantuan," ujarnya. 

 

Adapun jumlah paket yang disediakan oleh Kemenag yaitu 2021 paket yang terdiri dari beras dan minyak goreng. Paket tersebut diserahkan secara serentak di 21 Kecamatan. Dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu maupun masyarakat yang terdampak covid-19.

 

"Sebanyak 2021 paket ini berisi beras dan minyak. Kami akan menyerahkan secara serentak pagi ini ke 21 kecamatan yang akan dipimpin oleh satgas kepala KUA masing-masing Kecamatan," jelasnya.

 

Ia menambahkan, pembagian paket akan dimulai dari kecamatan Jombang sampai Kecamatan Plandaan. Sasarannya, lanjut dia, merupakan masyarakat yang kurang mampu di wilayah kecamatan masing-masing, termasuk juga masyarakat yang terdampak covid-19.

 

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Nur Khojin mengatakan, aksi nyata peduli sesama yang dilakukan oleh Kemenag Jombang bertujuan untuk menciptakan sinergitas terhadap masyarakat.

 

"Keluarga besar Kemenag Jombang, mengadakan aksi nyata peduli sesama dengan maksud ingin berbagi dan mewujudkan sebuah mantra untuk bisa saling bersinergi," ujarnya. 

 

Ia berharap, masyarakat yang telah menjadi sasaran aksi nyata peduli sesama HAB dapat sekaligus memberikan doanya kepada Kemenag Jombang agar selalu dalam lindungan Allah Swt. 

 

"Mohon restu kepada warga masyarakat yang menjadi sasaran program aksi nyata peduli sesama ini, kita berdoa semoga dengan HAB yang ke 76 ini Kemenag tetap diberi ridho dan hidayah oleh Allah swt," harapnya. 

 

Sementara itu, Munawar (46) Pria asal Pandanwangi yang menjadi salah satu penerima bantuan berupa paket sembako, mengucapkan terimakasih kepada Kemenag.

 

"Terima kasih kepada Kemenag yang telah memberikan sembako kepada saya dan juga rekan saya. Harapannya, semoga Kemenag selalu sukses," tandas Munawar.

 

Kontributor : Karimatul Maslahah

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru