• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 20 Juni 2024

Bahtsul Masail

Terdapat Unsur Najis, Bagaimana Hukum Jual Beli Pupuk Organik Cair?

Terdapat Unsur Najis, Bagaimana Hukum Jual Beli Pupuk Organik Cair?
Ilustrasi proses pembuatan pupuk organik cair. (Foto: Freepik)
Ilustrasi proses pembuatan pupuk organik cair. (Foto: Freepik)

Deskripsi Masalah:

Untuk menjawab kebutuhan pupuk di lingkungan warga NU, PCNU Jombang (2017-2022) membuat program rumah produksi POC (Pupuk Organik Cair). Karena kebutuhan operasional POC ini dijual per liter seharga Rp60.000,- hasil aplikasi penggunaan POC ini membawa dampak peningkatan terhadap hasil pertanian mencapai 30 % sampai 40 %. Adapun bahan bahan dasar POC sebagaimana berikut.

 
No Nama Bahan Fermentasi Volume
1. Bonggol pisang 260 kg
2. Kotoran kambing 1.200 kg
3. Kotoran sapi 400 kg
4. Karbon 340 kg
5. Urine sapi 240 kg
6. Gula 120 kg
7. Beras  80 kg
8. Bekatul 240 kg
9. Guano/kotoran kelelawar 100 kg


 

No Nama Bahan Starter Volume
1. Indukan 160 liter
2. Starter 60 kg
3. Hormon 100 liter
4. Vitamin 6 kg


Dari bahan bahan tersebut kemudian difermentasi selama 21 hari jadilah POC (Pupuk Organik Cair).


Catatan: Air yang digunakan dalam bahan POC tersebut lebih dari dua qullah, tetapi terjadi perubahan sifat-sifat air, baik dari warna, bau dan rasanya.


Pertanyaan:

Bagaimanakah hukum menjualbelikan pupuk POC tersebut?


Jawaban:

Hukum jual belinya sah menurut muqobil al-ashoh 


Referensi:

المجموع شرح المهذب (9/ 236)
(اَلثَّالِثَةُ) هَلْ يَجُوْزُ بَيْعُ الْمَاءِ النَّجِسِ فِيْهِ وَجْهَانِ مَشْهُوْرَانِ ذَكَرَهُمَا الْمُصَنِّفُ بِدَلِيْلِهِمَا (أَصَحُّهُمَا) لَا يَجُوْزُ وبه قطع الغزالي في البسيط قال الروياني وفيه طريق آخر وهو الجزم ببطلان بيعه لأنه لا يطهر بل يستحيل ببلوغه قلتين من صفة النجاسة إلى الطهارة كالخمر يتخلل


Artinya: Apakah diperbolehkan menjual air yang terkena najis? Dalam hal ini ada dua pendapat yang masyhur, menurut pendapat yang ashoh tidak boleh, sedangkan menurut muqobil ashoh diperbolehkan.  


روضة الطالبين وعمدة المفتين (3/ 351)
وَفِيْ بَيْعِ الْمَاءِ النَّجِسِ وَجْهَانِ . كَالدُّهْنِ إِذَا قُلْنَا : يُمْكِنُ طَهَارَتُهُ لِأَنَّ تَطْهِيْرَ الْمَاءِ مُمْكِنٌ بِالْمُكَاثَرَةِ
وأشار بعضهم إلى الجزم بالمنع، وقال: إنه ليس بتطهير، بل يستحيل ببلوغه قلتين من صفة النجاسة إلى الطهارة، كالخمر تتخلل


Artinya: Dalam permasalahan jual beli air yang terkena najis ada dua pendapat, yang pertama boleh sama halnya minyak yang terkena najis, begitu juga dalam menyucikan air yang bisa dilakukan dengan memperbanyak volumenya.


Catatan:

  1. Penjelasan atau uraian di atas merupakan hasil bahtsul masail yang diselenggarakan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Kabupaten Jombang lintas kepengurusan dan dibukukan oleh PC LBMNU Jombang masa khidmah 2017-2022.
  2. Sumber yang dijadikan referensi dalam membahas topik terkait, sebagian tidak diterjemahkan secara utuh, hanya menerjemahkan poin-poin penting yang langsung menjelaskan topik.


Bahtsul Masail Terbaru