• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Nasional

KH Miftachul Akhyar Sampaikan Manfaat Pernikahan dan Kaitannya dengan Kebesaran NU

KH Miftachul Akhyar Sampaikan Manfaat Pernikahan dan Kaitannya dengan Kebesaran NU
Rais 'Aam PBNU KH Miftachul Akhyar saat memberikan taujihat dalam acara pelantikan PCNU Jombang di Gedung PCNU Jombang, Sabtu (20/05/2023). (Foto: TVNU)
Rais 'Aam PBNU KH Miftachul Akhyar saat memberikan taujihat dalam acara pelantikan PCNU Jombang di Gedung PCNU Jombang, Sabtu (20/05/2023). (Foto: TVNU)

NU Online Jombang, 
Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar mengatakan syariat pernikahan adalah pintu untuk mempertahankan populasi manusia. Dan mempertahankan populasi manusia adalah bagian dari al-kulliyatul khams yaitu an-nasl (keturunan). 


Hal ini disampaikannya dalam acara Halal Bihalal dan Pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang yang digelar di Gedung Serba Guna PCNU Jombang, Sabtu (20/5/2023).


"Sebagaimana Sayyidina Umar bin Khattab mengatakan: Islam tidak akan eksis dan tegak kecuali ada jamaahnya, pengikutnya. Sehingga di situ banyak syariat yang dipernatkan oleh Islam untuk bagaimana Islam ini tetap bertahan," katanya. 


Syariat itu antara lain adalah syariat pernikahan. Pernikahan merupakan pintu untuk mempertahankan populasi manusia. Mempertahankan populasi manusia adalah bagian dari sunnatullah. Bahwa manusia harus mempertahankan jenis manusia itu. 


"Mempertahankan keturunan hanya melalui satu-satunya pintu yaitu pernikahan. Bukan seperti kumpul kebo, freesex, ataupun LGBT. Kalau kita mau mengadakan observasi ke tempat begituan maka kita temukan rata-rata tidak mau memiliki keturunan. Karena keturunan adalah beban bagi mereka," ujarnya. 


Kiai Miftah, sapaannya melanjutkan, jika kehidupan kumpul kebo, freesex, dan sebagainya dibiarkan, maka populasi manusia akan punah. Jika populasi manusia punah, maka Islam akan diangkat kembali ke langit oleh Allah. 


"Maka nikah antara lain mempertahankan populasi manusia. Dan itu adalah bagian dari abdalur riyadhul khams. Siapapun negara manapun akan cocok dan setuju pada konsep-konsep seperti ini," ucapnya.


Oleh karenanya, kebesaran NU yang diakui oleh dunia melalui populasi terbesarnya tentu akan dibanggakan oleh Rasulullah saw. Menurutnya, selama ada NU, maka ada jaminan Islam akan tegak di muka bumi ini. Karena ada pendukungnya.


"Islam yang demikian ini tanpa jamaah akan tidak akan tegak. Sebuah jamaah organisasi tanpa ada imarah, kepemimpinan yang ditaati maka tidak akan bisa terjadi. Jadi kalau ada jamaah harus ada imarah, kalau ada imarah harus ada ketaatan sami'na wa atho'na," pungkasnya.


Nasional Terbaru