• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Daerah

Siswa-siswi MAN 3 Jombang Isi Jam Istirahat dengan Shalat Dhuha Berjamaah

Siswa-siswi MAN 3 Jombang Isi Jam Istirahat dengan Shalat Dhuha Berjamaah
Suasana kultum siswa MAN 3 Jombang usai melaksanakan shalat dhuha berjamaah. (Foto: Istimewa)
Suasana kultum siswa MAN 3 Jombang usai melaksanakan shalat dhuha berjamaah. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kabupaten Jombang kembali merutinkan shalat dhuha berjamaah bagi siswa-siswi di tahun ajaran 2022/2023. Kegiatan ini sempat terhenti karena Covid-19 yang mengubah sistem Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di MAN 3 Jombang mayoritas dilaksanakan secara online.


Shalat dhuha dilaksanakan di gedung Islamic Center (IC) pada saat jam istirahat agar tidak mengganggu proses pembelajaran peserta didik. Dan dilakukan secara bergilir dikarenakan keterbatasan tempat yang kurang luas. Kendati demikian, pelaksanaan shalat dhuha berjalan dengan baik.


Agar kegiatan ini berjalan dengan tertib, pihak MAN 3 Jombang membentuk koordinator yang bertugas menggerakkan siswa-siswi untuk segera melaksanakan shalat dhuha di kala waktunya tiba, sehingga para murid MAN 3 Jombang terbiasa melaksanakan shalat dhuha, tidak hanya saat di madrasah, tapi juga saat di luar lingkungan madrasah.


Karena itu, MAN 3 Jombang juga menerapkan hukuman bagi siswa-siswi yang tidak melaksanakan shalat dhuha tanpa alasan yang jelas. Hukuman tersebut dilakukan tidak lain agar para siswa-siswi bisa lebih disiplin melaksanakan shalat dhuha. 


Salah seorang siswa MAN 3 Jombang, Fahlana mengaku bahwa kegiatan ini dapat membuat siswa-siswi mengisi kegiatan istirahat dengan hal yang positif. 


"Dan dapat melatih siswa untuk tidak hanya melaksanakan kewajiban saja, tetapi juga terbiasa melaksanakan ibadah sunnah dalam Islam," katanya Sabtu (24/9/2022).


Fahlana menambahkan, bahwa pada saat shalat dhuha juga diisi dengan kultum. Yang menarik menurutnya, pengisi kultum diserahkan kepada siswa-siswi itu sendiri. Hal ini dilakukan agar para murid MAN 3 Jombang terbiasa berbicara di depan umum.


Kendati demikian, madrasah juga tetap mengontrol dan memberikan bimbingan terhadap siswa-siswi yang memiliki potensi mengembangkan public speaking.


"Jadi, setiap kelas menunjuk lima perwakilan dari kelasnya yang akan mendapatkan bimbingan lanjutan tentang tata cara berbicara di depan banyak orang," ungkapnya.


Penulis: A’isy Ayyasy, M Rusydan Arifi, M Naufal Fawwaz, Mu’allif Rif’at, Panji Ridho R, Daffa Ali Darajat, M Nafis


Daerah Terbaru