• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 17 Agustus 2022

Daerah

Bimbing Siswa-siswi Tampil Percaya Diri, MAN 3 Jombang Kembangkan Podcast

Bimbing Siswa-siswi Tampil Percaya Diri, MAN 3 Jombang Kembangkan Podcast
Studio podcast MAN 3 Jombang. (Foto: Dok MAN 3 Jombang)
Studio podcast MAN 3 Jombang. (Foto: Dok MAN 3 Jombang)

NU Online Jombang,
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang termasuk lembaga pendidikan yang melek perkembangan. Di dunia teknologi, madrasah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas itu beberapa waktu terakhir mengembangkan podcast bagi siswa-siswi kelas unggulan hingga sekarang.


Keberadaan podcast tersebut atas bimbingan Moch Afan Zulkarnain, pria yang sudah pengalaman di dunia penyiaran. Kiprahnya, dimulai dari keinginannya menjadi penyiar radio di Banyuwangi. 


"Karena keinginan itu, saya mengikuti lomba baca berita di salah satu radio di Banyuwangi dan akhirnya saya mendapat juara 5 dan berkesempatan magang di radio tersebut hingga saya dikontrak dan berhasil mewujudkan impian saya menjadi seorang penyiar,” katanya, Sabtu (20/2/2022).


Dia mengaku, bahwa ada sosok yang menginspirasi dirinya untuk menjadi seorang penyiar radio kala itu. “Untuk cara penyampaian berita saya suka dengan presenter Choky Sitohang, untuk masalah voice over saya suka sosok Antonius Bimo Kusumo Yudo atau yang biasa dikenal Bimoky,” tuturnya.


Menurutnya, dunia penyiaran yang dikemas dengan konsep podcast di kelas unggulan MAN 3 Jombang perlu terus dikelola siswa-siswi dengan baik. Pasalnya, terdapat banyak manfaat, di antaranya mengajarkan siswa-siswi untuk berani tampil lebih percaya diri di depan khalayak.


"Pengembangan tersebut sangat penting agar mereka bisa mengembangkan public speaking dan tidak malu-malu saat menyampaikan hal yang positif terhadap masyarakat,” katanya.


Kendati demikian, dia menekankan bahwa podcast kelas unggulan MAN 3 Jombang tidak bisa lepas dari nuansa pesantren. Karenanya, pengisi podcast tersebut harus memilih tutur kata yang baik, sebagaimana akhlak santri.


“MAN 3 Jombang kan di bawah naungan pesantren ya, jadi mereka harus tahu batasan-batasannya, baik dalam hal berbicara, karena di luar sana banyak podcaster atau yang lain menggunakan kata-kata kotor, jadi kita harus terbebas dari itu,” ungkapnya.


Ia berharap, melalui bekal dan pengalaman di podcast, kelak siswa-siswi unggulan MAN 3 Jombang saat berbaur langsung dengan masyarakat bisa tampil membanggakan.


"Semoga siswa-siswi MAN 3 Jombang lebih percaya diri dan berani menyampaikan hal-hal positif bagi masyarakat," ujarnya.


Kontributor: Iqbal, Jaduk, Naufal
Editor: Ahmad


Daerah Terbaru