• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Daerah

MAN 3 Jombang, Madrasah Segudang Prestasi

MAN 3 Jombang, Madrasah Segudang Prestasi
MAN 3 Jombang, Madrasah Segudang Prestasi. (Foto: Istimewa)
MAN 3 Jombang, Madrasah Segudang Prestasi. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang, Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas tercatat memiliki sederet prestasi. Baik di bidang akademik maupun non-akademik. Menurut data internal madrasah, dalam satu tahun telah meraih kurang lebih 92 prestasi.


Di antara yang paling banyak menyumbang prestasi adalah di bidang olimpiade. Dari 92 prestasi tersebut kurang lebih 60% yang telah diraih dalam bidang olimpiade.


Koordinator Program Badan Pemantapan Materi Olimpiade (BPMO), Bagus Amrullah menyampaikan, dirinya serius menggarap program tersebut. Pendampingan atau bimbingan intens dilakukan kepada para siswa dan siswi MAN 3 Jombang.


"Bimbingan BPMO dilaksanakan minimal sekali dalam 1 minggu untuk yang reguler, sedangkan untuk pembinaan intensif atau saat akan menghadapi event kejuaraan maka akan dilaksanakan drill bimbingan mapel yang akan dilombakan atau biasa kita sebut dengan karantina sampai hari pelaksanaan event kejuaraan," ujarnya, Sabtu (26/2/2022).


Sistem atau pola tersebut diakuinya sangat berdampak bagi para siswa-siswi MAN 3 Jombang terhadap penguasaan materi yang dilombakan.


Di samping itu, pria yang juga pengajar matematika itu mendorong agar para siswa dan siswi memiliki semangat yang tinggi, sepanjang mengikuti bimbingan, hingga pada saat mengikuti lomba.


"Semangat itu sesuatu yang magic. Jadi tidak cukup adanya keahlian tanpa adanya semangat, baik dari yang dididik maupun yang mendidik," jelasnya. 


Ada prestasi paling berkesan yang pernah diraih oleh tim BPMO dalam 2 tahun ini. Pertama, meraih medali emas Mata Pelajaran Ekonomi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2020-2021. Kedua meraih medali Perak dan Mapel Biologi KSM 2021-2022.


“Semoga di tahun ini, tim BPMO bisa menjuarai Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan juga mampu berlaga di kompetisi tingkat internasional,” harapnya.


Kontributor: Faizul, Nauval, Ibrahim


Daerah Terbaru