• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 17 Agustus 2022

Daerah

MAN 4 Jombang Gelar Lomba Al Banjari Tingkat SMP Sederajat se-Provinsi

MAN 4 Jombang Gelar Lomba Al Banjari Tingkat SMP Sederajat se-Provinsi
Pemenang lomba al banjari tingkat SMP/MTS Se Jawa Timur (Foto Dok Pantia kegiatan)
Pemenang lomba al banjari tingkat SMP/MTS Se Jawa Timur (Foto Dok Pantia kegiatan)

NU Online Jombang,

MAN 4 Denanyar Jombang menggelar Festival Al Banjari tingkat SMP sederajat se-Jawa Timur (Jatim). Acara bertempat di gedung pusat pertemuan terpadu MAN 4 Denanyar Jombang.

 

Panitia Pelaksana, Alfan Fatoni menerangkan, Festival Al Banjari ini diikuti oleh 31 grup peserta tingkat SMP dan MTS se - Jatim. Ini merupakan rangkaian agenda dalam rangka memperingati HUT MAN 4 jombang yang ke 53.

 

Menurutnya, dengan mengambil tema seni religi aktualisasi Al Banjari, acara ini digelar sebagai salah satu cara untuk mempertahankan seni Islam yang telah menjadi budaya di kalangan Nahdliyin, khususnya lingkungan pondok pesantren.

 

"Seni budaya ini harus kita kembangkan karena Al Banjari adalah salah satu media dakwah yang memiliki ciri khas dalam melantunkan shalawat Nabi," terang Alfan panggilan akrabnya.

 

Alfan menambahkan, masing-masing grup peserta, maksimal terdiri dari 10 orang untuk tiap grup. Peserta wajib membawakan dua lagu bebas berbahasa arab yang bersyairkan shalawat.

 

"Sistem penilaiannya meliputi vokal (40 poin), terbang/variasi (30 poin) dan adab (30 poin). Dari sini kemudian diputuskan bahwa yang menang juara pertama dsri MTsN 4 Nganjuk, juara ke dua dari El Syifa Trenggalek dan Hubbul Qur'an PP MQ," ujarnya.

 

Selain 3 juara tersebut masih ada juara harapan 1 yang diperoleh Ahlal Anghom, harapan dua, MTsN 12 Jombang serta berikutnya yang terakhir harapan 3 dari MTs Darussalam.

 

Masing-masing juara berhak mendapatkan Tropi dan sertifikat serta sejumlah uang. Usai pemberian hadiah, dirinya berharap agar kalangan muda senantiasa mensyiarkan alunan sholawat Nabi.

 

"Kita harus fastabikul khoirot, berlomba-lomba dalam kebaikan," pungkas Alfan.

 

Kontributor : Ali Purnomo

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru