• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 17 Agustus 2022

Daerah

Program Unggulan MAN 3 Jombang, Peserta Didik Harus Berbahasa Arab dan Inggris

Program Unggulan MAN 3 Jombang, Peserta Didik Harus Berbahasa Arab dan Inggris
Peserta didik MAN 3 Jombang. (Foto: Dok MAN 3 Jombang)
Peserta didik MAN 3 Jombang. (Foto: Dok MAN 3 Jombang)

NU Online Jombang,
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang punya sejumlah program unggulan untuk para siswa-siswinya. Salah satunya yaitu Language Day. Para peserta didiknya yang mengikuti program unggulan tersebut wajib menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris.


Program ini dimaksudkan untuk memotivasi peserta didik di lingkungan MAN 3 Jombang untuk kian aktif menggunakan bahasa asing, sehingga dapat menjadi contoh yang baik bagi semua peserta didik lainnya.


Koordinator Devisi Pengembangan Bahasa ESO Kelas Unggulan MAN 3 Jombang, Azkiya Fadlan menyampaikan, program ini tentu melibatkan semua peserta didik, bahkan beberapa guru yang mengajar di kelas. Hal ini sebagai persiapan saat hendak melanjutkan pendidikan di luar Indonesia. 


"Setelah sosialisasi, pada 10 Januari 2022, maka dibuatlah ID Card sebagai tanda pengenal bahwa siswa-siswi unggulan sedang mengikuti program Language Day," ujar Naufal, Sabtu (29/1/2022).


Language Day berlaku setiap Senin dan Rabu mulai tanggal 12 Januari 2022, karena pada hari-hari tersebut terdapat kursus bahasa bagi siswa-siswi unggulan. Sepanjang para siswa dan siswi mengikuti program unggulan harus mengenakan ID card.


"Sedangkan peserta didik yang tidak menggunakan bahasa Arab maupun bahasa Inggris pada saat berlakunya Language Day maka akan dikenakan konsekuensi sesuai aturan yang telah disepakati sebelumnya," jelas dia.


Dikatakannya, para siswa-siswi antusias pada saat Language Day berlangsung. Mereka berusaha untuk tidak berbicara menggunakan bahasa di luar bahasa Inggris dan bahasa Arab.


Ia berharap meskipun peserta didik saat ini berada di Indonesia, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para siswa-siswi untuk menjadikan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa keseharian para peserta didik unggulan MAN 3 Jombang.


Kontributor: Ahmad Iqbal
Editor: Ahmad 


Daerah Terbaru