• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Daerah

Asah Kemampuan Siswa, MAN 3 Jombang Gandeng NU Online Adakan Kelas Jurnalistik

Asah Kemampuan Siswa, MAN 3 Jombang Gandeng NU Online Adakan Kelas Jurnalistik
Saat siswi MAN 3 Jombang melakukan praktik wawancara dalam kelas jurnalistik (Foto: NU Online/ Fitriana)
Saat siswi MAN 3 Jombang melakukan praktik wawancara dalam kelas jurnalistik (Foto: NU Online/ Fitriana)

NU Online Jombang

Serius meningkatkan kemampuan menulis siswanya, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang bekerjasama dengan NU Online Jombang memberikan materi pengembangan diri di bidang literasi, khsususnya jurnalistik. Harapannya, siswa mampu mengeksplorasi kemampuannya untuk menulis berita.

 

Koordinator kelas unggulan MAN 3 Jombang, Abdul Mukhid mengatakan, program kelas jurnalistik ini sangat penting dilaksanakan untuk mengeksplorasi kemampuan siswa di bidang tulis menulis.

 

Awalnya, jurnalistik hadir hanya dalam bentuk ekstrakurikuler di sekolah. Namun, pihak sekolah ingin lebih serius untuk mengaktifkan program ini agar kemampuan siswa lebih terasah.

 

"Kelas jurnalistik ini diadakan agar siswa mampu menjadi penulis. Akan ada kebanggaan tersendiri jika salah satu tulisan terbaik mereka dapat diunggah di media NU Online Jombang," paparnya.

 

Menurut pria yang kerap disapa Mr Mukhid ini, kelas jurnalistik akan diadakan setiap 1 minggu sekali. Harapannya, setiap minggu ada satu atau dua tulisan yang dimuat di media NU Online Jombang.

 

Sementara itu, redaktur NU Online Jombang, Nur Fitriana, tutor pengajar kelas jurnalistik mengatakan, hadirnya kelas jurnalistik ini cukup bagus mengingat tidak banyak sekolah yang memberikan pendidikan literasi dan jurnalistik secara khusus bagi siswanya.

 

"Program kelas jurnalistik ini cukup bagus. Program ini selain dapat memberikan pengetahuan jurnalistik juga sekaligus dapat memberikan ilmu mengolah berita pada siswa," ujarnya.

 

Nu'ma Cholilah, siswi kelas XI IPS 3 mengatakan, dirinya suka dengan kelas jurnalistik yang diadakan pihak sekolah. Menurutnya, karya jurnalistik mengandung fakta dan informasi yang akurat.

 

"Jadi saya berharap bisa mahir menulis dengan mengikuti kelas jurnalistik ini," sahutnya. 

 

Kontributor : Anzilina Rahmatika

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru