• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Sabtu, 20 April 2024

Bahtsul Masail

Fikih Mengatur Cara Jihad di Media Sosial

Fikih Mengatur Cara Jihad di Media Sosial
Ilustrasi mengakses sosial media. (Foto: Freepik)
Ilustrasi mengakses sosial media. (Foto: Freepik)

Deskripsi Masalah:

Dalam era milenial ini warga NU atau Nahdliyin menghadapi tantangan dan gangguan yang begitu hebat baik di dunia nyata maupun di dunia maya, khususnya di sosial media yang berupa fitnah, gunjingan, pembunuhan karakter dan penyebaran berita hoaks. Hal itu sangat wajar dikarenakan warga NU berjuang menegakkan ajaran Aswaja an-Nahdliyah dan NKRI harga mati yang tidak sejalan dengan mereka yang anti ajaran Aswaja dan NKRI. Sehingga muncullah seruan berjihad di dunia sosial media (sosmed) untuk menghalau hal di atas, caranya pun berbeda-beda di antaranya membalas dengan memfitnah, mencari kejelekan mereka dan disebarkan dan banyak lagi teknik-teknik untuk menghalau gerakan mereka.


Pertayaan:

Bagaimana konsep jihad di sosial media menurut pandangan fikih?


Jawaban:

Konsep jihad di sosmed menurut pandangan fiqih ada 5:

  1. Memberi pemahaman
  2. Memberi nasihat dengan baik
  3. Menyanggah hujatan
  4. Mencegah, bagi pihak yang berwajib
  5. Melemahkan dengan memberikan sanksi bagi pihak yang berwajib


إحياء علوم الدين - (2 / 329)
وَلَهُ دَرَجَاتٌ وَآدَابٌ أَمَّا الدَّرَجَاتُ فَأَوَّلُهَا التَّعَرُّفُ ثُمَّ التَّعْرِيْفُ ثُمَّ النَّهْيُ ثُمَّ الْوَعْظُ وَالنُّصْحُ ثُمَّ السَّبُّ وَالتَّعْنِيْفُ ثُمَّ التَّغْيِيْرُ بِالْيَدِ ثُمَّ التَّهْدِيْدُ بِالضَّرْبِ ثُمَّ إِيْقَاعُ الضَّرْبِ وَتَحْقِيْقُهُ ثُمَّ شَهْرُ السِّلَاحِ ... إلى أن قال ... فَيَجِبُ تَعْرِيْفُهُ بِاللُّطْفِ مِنْ غَيْرِ عَنَفٍ ... إلى أن قال ... وَهَكَذَا يَتَلَطَّفُ بِهِ لِيَحْصُلَ التَّعْرِيْفُ مِنْ غَيْرِ إِيْذَاءٍ فَإِنَّ إِيْذَاءَ الْمُسْلِمِ حَرَامٌ مَحْذُوْرٌ كَمَا أَنَّ تَقْرِيْرَهُ عَلَى الْمُنْكَرِ مَحْذُوْرٌ وَلَيْسَ مِنَ الْعُقَلَاءِ مَنْ يَغْسِلُ الدَّمَ بِالدَّمِ أَوْ باِلْبَوْلِ ...الى ان قال.....الَدَّرَجَةُ الرَّابِعَةُ السَّبُّ وَالتَّعْنِيْفُ باِلْقَوْلِ الْغَلِيْظِ الْخَشِنِ وَذَلِكَ يَعْدِلُ إِلَيْهِ عِنْدَ الْعَجْزِ عَنِ الْمَنْعِ بِاللُّطْفِ وَظُهُوْرِ مَبَادِىءِ الْإِصْرَارِ وَالْاِسْتِهْزَاءِ بِالْوَعْظِ وَالنُّصْحِ ..الى ان قال.... وَلَسْنَا نَعْنِيْ بِالسَّبِّ ِوَالْفُحْشِ بِمَا فِيْهِ نِسْبَةٌ إِلى الزِّنَا وَمُقَدِّمَاتِهِ وَلَا الْكَذِبِ بَلْ أَنْ يُخَاطِبَهُ بِمَا فِيْهِ مِمَّا لَا يُعَدُّ مِنْ جُمْلَةِ الْفُحْشِ كَقَوْلِهِ يَا فَاسِقُ يَا أَحْمَقُ يَا جَاهِلُ أَلَا تَخَافُ اللهَ ...الى ان قال ... وَلِهَذِهِ الرُّتْبَةِ أَدَبَانِ أَحَدُهُمَا أَنْ لَا يَقْدُمَ عَلَيْهَا إِلَّا عِنْدَ الضَّرُوْرَةِ وَالْعَجْزِ عَنِ اللُّطْفِ وَالثَّانِيْ أَنْ لَا يَنْطِقَ إِلَّا بِالصِّدْقِ ..الى ان قال.... فَإِنْ عَلِمَ أَنَّ خِطَابَهُ بِهَذِهِ الْكَلِمَاتِ الزَّاجِرَةِ لَيْسَتْ تَزْجُرُهُ فَلَا يَنْبَغِيْ أَنْ يُطْلِقَهُ بَلْ يَقْتَصِرُ عَلَى إِظْهَارِ الْغَضَبِ وَالْاِسْتِحْقَارِ لَهُ وَالْاِزْدِرَاءِ بِمَحَلِّهِ لِأَجْلِ مَعْصِيَتِهِ

 

Artinya: Tahapan mencegah kemungkaran: Memberi pemahaman dengan halus tanpa menyakiti, mencegah, memberi arahan dengan perkataan yang baik, menasihati, mencaci, berkata kasar, menghilangkan barang mungkar dengan tindakan, mengancam akan memukul, kemudian memukul.


إحياء علوم الدين الجزء الثاني ص: 311
وَشَرْحُ الْقَوْلِ فِيْ هَذَا أَنَّ الْحِسْبَةَ لَهَا خَمْسُ مَرَاتِبَ كَمَا سَيَأْتِيْ أَوَّلُهَا التَّعْرِيْفُ وَالثَّانِيْ الْوَعْظُ بِالْكَلَامِ اللَّطِيْفِ وَالثَّالِثُ السَّبُّ وَالتَّعْنِيْفُ ..الى ان قال.... وَالرَّابِعُ اَلْمَنْعُ بِالْقَهْرِ بِطَرِيْقِ الْمُبَاشَرَةِ ..الى ان قال.... وَالْخَامِسُ التَّخْوِيْفُ وِالتَّهْدِيْدُ بِالضَّرْبِ


Artinya:
Mencegah kemungkaran mempunyai 5 tahapan :

  1. Memberi pemahaman
  2. Memberi petunjuk dengan perkataan yang lembut
  3. Mencaci atau berkata kasar
  4. Mencegah dengan paksa
  5. Mengancam akan memukul 


بغية المسترشدين - (1 / 537)
الرَّابِعُ : نَفْسُ الْاِحْتِسَابِ وَلَهُ دَرَجَاتٌ : التَّعْرِيْفُ ، ثُمَّ الْوَعْظُ بِالْكَلَامِ اللَّطِيْفِ ، ثُمَّ السَّبُّ وَالتَّعْنِيْفُ ، ثُمَّ الْمَنْعُ بِالْقَهْرِ ، وَالْأَوَّلَانِ يَعُمَّانِ سَائِرَ الْمُسْلِمِيْنَ ، وَالْأَخِيْرَانِ مَخْصُوْصَانِ بِوُلَاةِ الْأُمُوْرِ ، زاد ج : وينبغي كون المرشد عالماً ورعاً وحسن الخلق ، إذ بها تندفع المنكرات وتصير الحسبة من القربات ، وإلا لم يقبل منه ، بل ربما تكون الحسبة منكرة لمجاوزة حدّ الشرع


Artinya: Mencegah kemungkaran kepada orang Islam secara umum dengan cara memberi pemahaman, memberi petunjuk dengan perkataan yang lembut. Dan kepada pemimpin dengan cara yang mencaci atau berkata kasar, dan mencegah dengan paksa.


الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي - (8 / 99)
وَالْجِهَادُ فِي اصْطِلَاحِ الشَّرِيْعَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ : بَذْلُ الْجُهْدِ فِيْ سَبِيْلِ إِقَامَةِ الْمُجْتَمَعِ الْإِسْلَامِيِّ ، وَأَنْ تَكُوْنَ كَلِمَةُ اللهِ هِيَ الْعُلْيَا ، وَأَنْ تُسَوِّدَ شَرْيِعَةُ اللهِ الْعَالَمَ كُلَّهُ . ..الى ان قال... وَالتَّعْرِيْفُ الشَّامِلُ لِكُلِّ هَذِهِ الْأَنْوَاعِ أَنَّهُ : بَذْلُ الْوُسْعِ اِنْتِصَارًا لِشَرِيْعَةِ اللهِ ، وَرَفْعاً لِكَلِمَتِهِ فِي الْأَرْضِ


Artinya: Jihad menurut istilah syariat Islam adalah menegakkan persatuan orang Islam. Atau menyerahkan seluruh kemampuan untuk menolong syariat Allah dan meluhurkan kalimat Allah.


الموسوعة الفقهية الكويتية - (20 / 322)
اَلْجِهَادُ : اَلْجِهَادُ الْقِتَاُل لِإِعْلَاءِ كَلِمَةِ اللهِ ، وَهُوَ مِنْ بَابِ الْأَمْرِ باِلْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْيِ عَنِ الْمُنْكَرِ


Artinya: Jihad adalah berperang untuk meluhurkan kalimat Allah.

 

*Catatan:
1. Penjelasan atau uraian di atas merupakan hasil bahtsul masail yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang (PC) Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Kabupaten Jombang.
2. Berbagai sumber yang membahas tentang topik terkait, sebagian tidak diterjemahkan secara keseluruhan, hanya menerjemahkan poin-poin penting yang langsung menjelaskan topik.


Bahtsul Masail Terbaru