• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Sabtu, 2 Maret 2024

Daerah

Ikhlas Santuni Anak Yatim, Pahalanya Laksana Tengah Berjihad

Ikhlas Santuni Anak Yatim, Pahalanya Laksana Tengah Berjihad
Safari Ramadhan dan santuni anak yatim
Safari Ramadhan dan santuni anak yatim

NU Online Jombang,

Sejumlah anak yatim berkumpul di Masjid Al Amin Mubarok kelurahan Jelakombo kabupaten Jombang. Mereka berkumpul untuk menerima santunan dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang.

 

Ketua PAC GP Ansor Jombang, Taufiqi Fakkarudin Assilahi atau yang lebih akrab dipanggil Gus Fiqi mengatakan, santunan ini dikemas dalam acara majelis dzikir shalawat Rijalul Ansor dan buka bersama. Ini juga sekaligus merupakan safari Ramadhan ke 4 sepanjang bulan Ramadhan tahun ini.

 

"Semoga kita senantiasa bisa berbagi dengan anak yatim setiap saat dan bukan hanya pada bulan Ramadhan saja. Saya mengucapkan terima kasih kepada Ansor dan Banser se-kecamatan Jombang karena telah menyukseskan acara ini," jelasnya.

 

Sementara itu, sekretaris MWCNU Jombang, Abdul Basit Misbachul Fitri dalam ceramahnya mengatakan, menyantuni anak yatim dalam ajaran agama Islam akan mendapatkan pahala yang luar biasa. 

 

"Rasulullah Muhammad SAW bersabda, salah satu pahala yang bisa diperoleh mereka yang menyantuni dan menyayangi yatim dengan keikhlasan setara dengan melakukan jihad," jelasnya.

 

Sebagaimana terdapat dalam Al Quran surat al ankabut, ayat 69,

 

{ وَٱلَّذِینَ جَـٰهَدُوا۟ فِینَا لَنَهۡدِیَنَّهُمۡ سُبُلَنَاۚ وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلۡمُحۡسِنِینَ }

 

Yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan- jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang- orang yang berbuat baik.

 

Lebih lanjut Basit mengungkapkan, adanya program santunan anak yatim di Bulan Ramadhan 1443 H/2022 ini selain sebagai bentuk jihad, juga diharapkan menjadi support bagi ansor dan sebagai wasilah memohon pertolongan dari Allah. 

 

"Semoga dimudahkan dalam menata akidah generasi bangsa dan mengamankan masyarakat agar terhindar dari radikalisme yg merusak pemikiran pemuda saat ini. Semoga juga dapat memiliki jiwa nasionalisme dan cinta NKRI," pungkasnya.


Daerah Terbaru