• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Nasional

Gus Reza: Lingkungan Pertemanan Bisa Mempengaruhi Baik Buruknya Sikap Seseorang

Gus Reza: Lingkungan Pertemanan Bisa Mempengaruhi Baik Buruknya Sikap Seseorang
Pengasuh Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo, Gus Reza. (Foto: Kawula Muda Masjid Al-Mukminin)
Pengasuh Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo, Gus Reza. (Foto: Kawula Muda Masjid Al-Mukminin)

NU Online Jombang,

Pengasuh Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri KH Reza Ahmad Zahid atau Gus Reza berpesan, mencari teman hendaknya yang tidak hanya baik untuk dunia, tapi juga untuk akhirat. Karena lingkungan pertemanan bisa mempengaruhi baik buruknya sikap seseorang.

 

Hal ini ia sampaikan saat mengisi mauidhoh hasanah dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad saw, Haul Masyayikh dan Festival Banjari se-Jawa Timur di Masjid Al-Mukminin, Perak, Jombang. 

 

Gus Reza menerangkan, dalam mencari teman harus pilih-pilih, artinya harus diambil yang baik dan dibuang buruknya. Oleh karena itu dalam memilih teman harus bijak.

 

"Manusia di dalam kehidupannya pasti ada keburukan dan kebaikan, artinya sebaik-baiknya manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan sejelek-jeleknya manusia pasti pernah melakukan kebaikan. Karena berkumpul dengan orang yang baik pasti akan kena baik juga," ujar beliau. 

 

Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur ini menegaskan, inilah pentingnya seseorang harus mengevaluasi untuk mengambil yang baik dan membuang yang buruk. Karena seseorang itu tergantung pada agama, temannya dan budi pekerti temannya.

 

Karena, lanjut Gus Reza, nanti di akhirat Allah akan mengumpulkan orang-orang berdasarkan pergaulannya di dunia. Jadi, memilih teman yang baik faedahnya tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat. 

 

"Karena ketika berkumpul dengan orang baik di dunia, nanti di akhirat juga akan berkumpul dengan orang yang baik. Orang mukmin bergaul dengan orang mukmin dan orang yang sholeh bergaul dengan orang yang sholeh," pungkasnya. 

 

Sebagai informasi, acara tersebut berlangsung selama 2 hari mulai Sabtu (28/10/2023) hingga Ahad (29/10/2023). Festival banjari tersebut diikuti oleh 30 peserta grup banjari yang berasal dari berbagai daerah.

 

Kontributor: Yunita Rahma Hidayati 


Nasional Terbaru