• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 23 Februari 2024

Daerah

Turba, Ansor Plandaan Siapkan Khatib untuk Kader Piawai Berdakwah

Turba, Ansor Plandaan Siapkan Khatib untuk Kader Piawai Berdakwah
Ansor Plandaan Siapkan Khatib untuk Kader Piawai Berdakwah (Foto: NU Online/Syaiful Chabib)
Ansor Plandaan Siapkan Khatib untuk Kader Piawai Berdakwah (Foto: NU Online/Syaiful Chabib)

NU Online Jombang,

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang adakan turun ke bawah (Turba) di Masjid An-Nur, Sambiroto, Plandaan. Momentum Shalat Jumat dipilih agar sekaligus memberikan bahan dakwah pada para kader Ansor.

 

Mohamad Yasin, Ketua PAC GP Ansor Plandaan mengatakan, kegiatan tersebut menjadi agenda rutin dalam rangka Turba ke ranting-ranting dengan menyiapkan khatib pada saat shalat Jumat (26/08/2022).

 

"Agenda Turba Jumat yang rutin dilaksanakan oleh sahabat-sahabat Ansor Plandaan kali ini bertempat di Masjid An-Nur, Sambiroto. Hal ini sudah berjalan 6 kali," tandasnya.

 

Ia menambahkan, kegiatan dalam rangkaian shalat Jumat ini dipilih agar kader Ansor dapat menyebarkan dakwah melalui khutbahnya. Hal itu juga sebagai kaderisasi agar sahabat Ansor lebih siap untuk berdakwah di masyarakat.

 

"Turba Jumat adalah sebagai ladang syiar tentang Ansor bagi pemuda dan sebagai ladang tempat belajar bagi sahabat Ansor. Ini nantinya bisa berguna ketika dibutuhkan oleh masyarakat. Menjadi pemuda Ansor tidak boleh lepas dari nilai-nilai keagamaan," ujarnya.

 

Lebih lanjut, dalam khutbahnya ia menjelaskan, menghindari hal dan perilaku buruk dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Salah satunya, adalah menghindari perbuatan ghibah.

 

"Terlebih di era digital sekarang ini, di media sosial (medsos) seringkali menjadi ladang berghibah. Harusnya, Medsos bisa kita manfaatkan untuk menambah pahala. Sebagai ladang bersyiar, ladang berbagi kebaikan dan hal-hal yang positif," pungkasnya.


Daerah Terbaru