• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Daerah

Lulusan PKL Ansor Jombang Harus Jadi Problem Solver di Organisasi dan Masyarakat

Lulusan PKL Ansor Jombang Harus Jadi Problem Solver di Organisasi dan Masyarakat
Lulusan PKL Ansor Jombang Harus Jadi Problem Solver di Organisasi dan Masyarakat. (Foto: NU Online Jombang/Karimatul Maslahah)
Lulusan PKL Ansor Jombang Harus Jadi Problem Solver di Organisasi dan Masyarakat. (Foto: NU Online Jombang/Karimatul Maslahah)
NU Online Jombang, 
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Jombang menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL), selama empat hari, dimulai Kamis-Ahad (28-31/10/2021) di halaman Pondok Pesantren Nur Khodijah Putri 3 Denanyar, Jombang. Pendidikan kader Ansor setelah Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) ini adalah pertama kalinya diadakan Ansor di Kota Santri.
 
Ketua PC GP Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto menyampaikan, ada sekitar 80 peserta dari berbagai wilayah Jawa Timur yang mengikuti PKL. Seperti, Nganjuk, Malang, Gresik, Mojokerto, hingga Bangkalan Madura.
 
Ia menegaskan, lulusan PKL Ansor Jombang harus menjadi problem solver di wilayahnya masing-masing. Pasalnya, dalam organisasi pasti ada dinamika persoalan yang tentu muncul. Tak hanya itu, alumni PKL nanti diharapkan bisa ikut serta menyelesaikan problem yang dihadapi masyarakat.
 
"Harapan kita sebagai Ansor ini mampu menghadapi tantangan zaman serta bisa menyelesaikan berbagai persoalan baik dari internal maupun eksternal di dalam organisasi," ujarnya, Kamis (28/10/2021). 
 
 
Menurut pria yang akrab disapa Gus Antok ini, PKL memang sangat penting diikuti oleh para pemuda Ansor. Ada banyak manfaat yang didapat oleh mereka. Di antaranya adalah mengatakan sebuah komitmen mereka dalam mengemban amanah organisasi. 
 
"Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan ini memang sangat berguna untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas termasuk komitmen sebagai seorang kader Gerakan Pemuda Ansor," jelasnya.  
 
Untuk itu, ia mengimbau semua peserta agar bisa mengikuti semua rangkaian kegiatan PKL sampai tuntas. PKL adalah sarana atau jembatan mereka untuk bisa melanjutkan pada pendidikan selanjutnya, yaitu Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN). 
 
"Setelah kegiatan PKL harapan saya kepada peserta semoga semakin mantap dalam mengelola organisasi yang menjadi kebanggan ini sehingga mereka bisa melanjutkan ke jenjang Pelatihan Kepemimpinan Nasional ataupun melanjutkan ke jenjang pelatihan instruktur," ungkapnya. 
 
Hadir dalam pembukaan PKL, sejumlah pengurus Ansor Jombang, para instruktur, jajaran pengurus di tingkat wilayah serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) GP Ansor.
 
Kontributor: Karimatul Maslahah
Editor: Ahmad 


Daerah Terbaru