• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 5 Juli 2022

Daerah

Kader Ansor Plandaan Rutin Turba Jumat sekaligus Bakti Sosial

Kader Ansor Plandaan Rutin Turba Jumat sekaligus Bakti Sosial
Kader Ansor Plandaan Turba Jumat. (Foto: NU Online Jombang/Syaiful Chabib)
Kader Ansor Plandaan Turba Jumat. (Foto: NU Online Jombang/Syaiful Chabib)

NU Online Jombang,
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang menyelenggarakan Turba Jumat dan Bakti Sosial (Baksos) di Masjid Baitul Mukminin, Desa Jipurapah, Kecamatan Plandaan, Jumat (28/1/2022).


Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Plandaan, M Yasin mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sudah menjadi program kerja masa khidmah 2021-2023 mendatang.


"Kegiatan itu adalah kegiatan rutin setiap Jumat Wage agenda Turba Jumat ini akan terus dilaksanakan. Petugasnya sudah dibagi, baik sebagai imam, khatib, bilal maupun mu'adzin," katanya.


Ia mengatakan, kegiatan tersebut selain sebagai bentuk syiar dan kepedulian sosial terhadap masyarakat. Juga sebagai penempaan bagi kader untuk belajar menjadi khatib dan agar selalu dekat dengan masyarakat.


"Tujuannya sahabat-sahabat Ansor melakukan kegiatan seperti ini adalah agar dapat dekat atau srawung pada masyarakat. Ansor juga bisa memberi manfaat kepada umat," ujarnya.


Lebih lanjut, di dalam materi khutbahnya ia menyampaikan agar bertakwa kepada Allah swt. Selain itu melakukan prilaku yang baik secara sehat dan menjuhi obat-obatan terlarang.


"Bahwa Gerakan Pemuda Ansor selalu mengajak untuk melawan narkoba. Yang ini adalah tantangan berat untuk generasi muda. Narkoba adalah penjajahan," pungkasnya.


Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pemberian bingkisan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Jombang. Berupa buku pembelajaran Al-Qur'an untuk Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Luqmanul Hakim Jipurapah.


Kontributor: Syaiful Chabib
Editor: Ahmad 


Daerah Terbaru