• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 23 Februari 2024

Daerah

Ansor Plandaan Jombang Siap Kuatkan Wawasan Kebangsaan Generasi Muda

Ansor Plandaan Jombang Siap Kuatkan Wawasan Kebangsaan Generasi Muda
Ansor Plandaan, Kabupaten Jombang diskusi soal wawasan kebangsaan bagi para pemuda. (Foto: NU Online Jombang/Syaiful Chabib)
Ansor Plandaan, Kabupaten Jombang diskusi soal wawasan kebangsaan bagi para pemuda. (Foto: NU Online Jombang/Syaiful Chabib)

NU Online Jombang,
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang menggelar ngobrol santuy dan ngopi bareng. Acara tersebut bertempat di gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI) Riyadhatul Falah, Tondowulan, Plandaan, Sabtu, (30/7/2022).


Kegiatan diskusi santai yang dikemas dalam ngopi malam tersebut mengambil tema 'Pemuda Ansor dalam Membangkitkan Wawasan Kebangsaan Generasi Muda'.


Narasumber acara, Kartiyono menegaskan bahwa membangun jiwa kebangsaan sangat penting, hal itu sejalan dengan salah satu nilai yang diemban oleh GP Ansor. Untuk mewujudkannya dapat dilakukan dengan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.


"Mari berperan aktif dalam menjadi agen-agen perubahan mulai dari tingkatan negara sampai tingkatan terendah, yakni dusun atau desa," kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jombang ini.


Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Plandaan, M Yasin menyampaikan, generasi muda memang dituntut untuk memiliki wawasan kebangsaan. Dirinya menyebut, bahwa wawasan kebangsaan menjadi sarana dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang lebih maju.


"Kader Ansor dan Banser Plandaan siap menjadi garda terdepan untuk menggaungkan wawasan kebangsaan terutama bagi pemuda. Pemuda harus bisa mengambil peran di masyarakat sebagai penggerak karena kebaikan tanpa adanya gerakan adalah dongeng," pungkasnya.


Acara tersebut diawali dengan pembacaan shalawat mahallul qiyam dan dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun Kartiyono.


Hadir pada acara ini juga, ketua LDNU Plandaan, ketua LP Ma'arif MWCNU Plandaan beserta pengurus Ansor dan Banser Plandaan.


Daerah Terbaru