• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

Ratusan Jamaah Ishari Meriahkan Sedekah Desa di Karanglo Mojowarno

Ratusan Jamaah Ishari Meriahkan Sedekah Desa di Karanglo Mojowarno
Perwakilan Ishari se-Kabupaten Jombang meriahkan Sedekah Desa di Desa Karanglo, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jumat (28/7/2023). (Foto: Pemerintah Desa Karanglo)
Perwakilan Ishari se-Kabupaten Jombang meriahkan Sedekah Desa di Desa Karanglo, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jumat (28/7/2023). (Foto: Pemerintah Desa Karanglo)

NU Online Jombang, 
Beragam cara untuk mensyukuri nikmat yang telah Allah swt berikan kepada hamba-Nya, seperti halnya yang dilakukan oleh warga Desa Karanglo, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jumat (28/7/2023).


Serangkaian acara dilaksanakan pada kegiatan ini, mulai dari khatmil Qur'an, tahlil, lailatus shalawat, dan sebagainya. Yang menarik, lailatus shalawat tersebut mengundang ratusan Ikatan Seni Hadrah Republik Indonesia (Ishari) se-Jombang.


Habib Ghofir Kepala Desa Karanglo mengungkapkan, alasan pihaknya memilih lailatus shalawat Ishari untuk sedekah desa adalah untuk mengenalkan seni hadrah NU di tengah-tengah masyarakat.


"Kami ingin melahirkan generasi-generasi baru yang mencintai shalawatan Ishari, di tengah hiruk pikuknya budaya-budaya baru yang beraneka ragam. Sedekah desa juga bertujuan mendapatkan nilai tambah secara ekonomi,  bagi warga desa Karanglo dengan adanya perputaran uang yang dapat dirasakan masyarakat desa," ungkap pria yang akrab disapa Pak Habib itu.

 

Menurutnya, bershalawat merupakan hal penting yang bertujuan untuk mencari keberkahan dari shalawat itu sendiri. "Agar Desa Karanglo benar-benar menjadi desa yang berkah, menuju desa yang Baldatun Thayyibatun wa rabbun ghofur," jelasnya.


Ia mengaku, tidak mengira bahwa undangan Ishari membeludak melebihi dari yang telah ditentukan sebelumnya.


"Dari undangan yang kami sebarkan sebanyak 600, alhamdulillah hadir 730 orang dari seluruh kecamatan yang ada di Jombang," terang pria yang juga Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Mojowarno itu.


Ia berharap, lailatus shalawat atau seni hadrah ini bisa menjadi agenda wajib dalam sedekah desa di Karanglo.


"Saya harap, agenda seperti ini dapat membangkitkan semangat 'ghirah' generasi muda untuk mencintai shalawat melalui jamiyah Ishari," pungkasnya.


Acara tersebut dihadiri Rais Majelis Hadi Wilayah Jawa Timur KH Mahmud, KH Abdul Jamil, Pengurus Cabang (PC) Ishari Kabupaten Jombang, jajaran pengurus Badan Otonom (Banom) NU, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Mojowarno.


Daerah Terbaru