• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

Ramadhan Festival Entrepreneur, Upaya IPNU-IPPNU Jombang Tumbuhkan Jiwa Kemandirian Ekonomi Kader

Ramadhan Festival Entrepreneur, Upaya IPNU-IPPNU Jombang Tumbuhkan Jiwa Kemandirian Ekonomi Kader
Kader IPPNU Jombang menunjukkan sejumlah produknya pada Ramadhan Festival Entrepreneur di depan kantor lembaga PCNU Jombang. (Foto: Dok IPNU-IPPNU Jombang)
Kader IPPNU Jombang menunjukkan sejumlah produknya pada Ramadhan Festival Entrepreneur di depan kantor lembaga PCNU Jombang. (Foto: Dok IPNU-IPPNU Jombang)

NU Online Jombang, 
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombang menggelar Ramadhan Festival Entrepreneur (Ramfest) di lingkungan kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang. Harapannya, kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa kemandirian ekonomi dan berwirausaha sejak dini bagi setiap kader IPNU-IPPNU di Kabupaten Jombang.


Nurul Qomariyah, Ketua Pelaksana Ramadhan Festival Entrepreneur mengatakan,  atau yang biasa disebut Ramadhan Festival Entrepreneur adalah salah satu program unggulan dari Lembaga Ekonomi, Koperasi dan Kewirausahaan PC IPNU-IPPNU Jombang. Program ini berjalan sejak tahun 2021, dan pada tahun ini merupakan tahun ketiga PC IPNU-IPPNU Jombang mengadakan acara tersebut. 


“Kita menyediakan stand-stand untuk ditempati peserta baik dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) maupun Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) se-Jombang. Mereka menjual produk-produk unggulan dari masing-masing PAC dan PKPT,” ujarnya kepada NU Online Jombang, Ahad (2/4/2023).


Koordinator Lembaga Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan PC IPNU-IPPNU Jombang ini mengatakan, Ramfest diadakan juga bertepatan dengan buka bersama dengan Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Jawa Timur dan kader CBP KPP se-Jawa Timur. Sehingga suasana saat Ramadhan Festival Entrepreneur berlangsung sangat meriah.


“Selain turut serta dalam memeriahkan hadirnya bulan Ramadhan, latar belakang adanya kegiatan ini juga diusung dari salah satu misi PC IPNU-IPPNU Jombang yakni economic, independent, mission,” ungkapnya. 


Sementara itu, Ketua PC IPNU Jombang, Muhammad Rafli Rifki Reza, menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh kader-kader dari PAC maupun PKPT yang memiliki minat dan bakat di bidang enterpreunership. Ada 12 kepengurusan yang mendaftarkan diri.


“Produk yang dijual oleh PAC dan PKPT  antara lain makanan ringan, kopi, teh, cemilan-cemilan. Ada juga yang memiliki produk yang kreatif dengan  membuat lumpia daging dengan nama beef lumpia lapa. Terdapat yang menjual selain makanan yaitu berjualan buku,” ujarnya.


Pria yang akrab disapa Rafli ini menuturkan ingin melatih jiwa enterpreuner dari kader-kader IPNU-IPPNU yang turut serta dalam kegiatan ini.


“Kami sediakan stand bazar yang dibuat menjual dagangannya, kegiatannya berjalan lancar dan peserta sangat antusias dalam rangkaian kegiatan. Dagangannya laris manis sehingga dapat menghantarkan kebahagiaan dan keseruan. Alhamdulillah rekan-rekanita merasa bahagia dan terwadahi di bidang enterpreuner,” pungkasnya.


Hadir pada kesempatan ini sekitar 500 orang yang terdiri oleh DKW CBP KPP Jawa Timur, Kader IPNU-IPPNU se- Kabupaten Jombang, dan peserta Ramadhan Festival Entrepreneur.


Daerah Terbaru