• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Bentuk Ekosistem Jurnalis Kritis, PC IPNU-IPPNU Jombang Gelar PJTD

Bentuk Ekosistem Jurnalis Kritis, PC IPNU-IPPNU Jombang Gelar PJTD
Pelatihan jurnalistik tingkat dasar (PJTD) PC IPNU IPPNU Jombang, Ahad, 26/06/2022. (foto: NU Online Jombang/Ira)
Pelatihan jurnalistik tingkat dasar (PJTD) PC IPNU IPPNU Jombang, Ahad, 26/06/2022. (foto: NU Online Jombang/Ira)

NU Online Jombang,

Ingin membentuk ekosistem jurnalis yang berpikir kritis dan pandai menulis menjadi salah satu hal yang mendasari Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) membuat Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD).

 

Muhammad Rafli Rifki Reza, Ketua PC IPNU Jombang mengatakan, latar belakang diadakan PJTD ini berlandaskan visi PC IPNU IPPNU Jombang. Khususnya, 2 poin penting dalam grand desain yaitu, meningkatkan kompetensi kader. Pelatihan ini adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kader IPNU dan IPPNU.

 

"PJTD ini melibatkan kader IPNU-IPPNU di Kabupaten Jombang. Pelatihannya terkait jurnalistik, videografi, fotografi, editing dan desain grafis," jelas Rafli.

 

Sementara itu, Muhammad Fadhol Amirudin, Ketua panitia PJTD mengatakan, tujuan penting diadakan PJTD ini yaitu PC IPNU IPPNU ingin membentuk tim media center. Sehingga, nanti tiap PAC dan PKPT memiliki tim media center sendiri.

 

“Terdapat 3 materi dalam pelatihan ini, antara lain materi jurnalistik yang disampaikan oleh Afairru Ramadlon, Ketua PC IPNU Jombang tahun 2002-2004. Selain itu juga materi kepenulisan yang disampaikan oleh Saifullah Ibnu Nawawi yang merupakan Pimpinan redaksi NU Online Jatim. Terakhir ada materi cyber crime yang disampaikan Iqbal Felisiano, Dosen Informatika Universitas Airlangga Surabaya," jelasnya.

 

Ia mengharapkan, seluruh peserta mendapatkan materi dengan baik sehingga bisa mengaplikasikannya di tiap PAC maupun PKPT masing-masing.

 

Siti Zumatul Khoiroh, peserta dari PAC Ngoro ini mengaku baru pertama mengikuti pelatihan jurnalistik seperti ini.

 

“Saya tertarik dengan kegiatan yang diprogramkan oleh PC IPNU IPPNU Jombang. Saya sebelumnya belum pernah mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik. Saya mengikuti ini karena ingin memahami tentang apa itu jurnalistik,” ujarnya.

 

Pelajar putri yang akrab disapa Zumaroh ini mengharapkan, setelah mengikuti pelatihan jurnalistik tingkat dasar ini, ia dapat meningkatkan ilmunya terkait dengan kepenulisan. Harapannya, ia dapat membantu untuk menulis kegiatan di PAC.

 

Untuk diketahui, bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Masjid Roudhotul Jannah Peterongan Jombang, kegiatan dimulai pukul 07.00 sampai dengan 17.15 WIB. Acara dihadiri oleh pemateri dan kurang lebih 100 peserta dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) serta Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) se-kabupaten Jombang.


Daerah Terbaru