• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Peringati Harlah, IPNU-IPPNU Jombang Tumbuhkan Semangat Juang Bangun Peradaban

Peringati Harlah, IPNU-IPPNU Jombang Tumbuhkan Semangat Juang Bangun Peradaban
Ketua PC IPNU Jombang Muhammad Rafli Rifki Reza saat apel peringatan Harlah IPNU-IPPNU, Ahad (19/3/2023). (Foto: Dok IPNU-IPPNU Jombang)
Ketua PC IPNU Jombang Muhammad Rafli Rifki Reza saat apel peringatan Harlah IPNU-IPPNU, Ahad (19/3/2023). (Foto: Dok IPNU-IPPNU Jombang)

NU Online Jombang,
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Jombang menggelar peringatan hari lahir (Harlah) ke-69 IPNU dan ke-68 IPPNU, Ahad (19/3/2023) di Kantor PC IPNU-IPPNU Jombang , Jl. Gatot Subroto, No 4 Jelakombo, Jombang.

 

Muhammad Rafli Rifki Reza, Ketua PC IPNU Jombang mengatakan, tema yang diusung dalam Harlah ini adalah 'Menyongsong Abad Ke-2, Belajar Berjuang tanpa Batas'. Menurutnya, tema tersebut memiliki arti bahwa kader-kader IPNU-IPPNU juga perlu mengambil bagian dalam membangun peradaban dunia.


“Sehingga mampu membangun kembali semangat juang kami, semangat belajar kami, semangat bertakwa kami dalam menjalankan roda organisasi,” katanya.


Pria yang akrab disapa Rafli ini menuturkan, hal-hal yang akan diupayakan PC IPNU-IPPNU dalam menyongsong abad ke-2 NU ini dengan menyusun program-program kerja yang produktif dan progresif untuk kemajuan organisasi.


“Tidak dapat dipungkiri kita adalah embrio Nahdlatul Ulama, jadi kita harus siap sebagai generasi muda, disiapkan sumber daya manusianya, disiapkan segala halnya karena di tangan kitalah NU ke depan akan berjalan,” ujarnya.


Rafli menjelaskan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah membuat kader IPNU-IPPNU se-Kabupaten Jombang menjalin kekeluargaan yang makin erat lagi. Di peringatan usia IPNU-IPPNU yang makin bertambah, sekaligus juga menjadi ajang bersyukur dan mengingat jasa-jasa para ulama yang menjadikan IPNU-IPPNU masih eksis hingga kini.


Peringatan Harlah ini diawali dengan Apel, dilanjutkan dengan istighotsah dan tumpengan. Sebelumnya, PC IPNU-IPPNU Jombang mengadakan kontes, yakni Mural Contest dan Photo Contest. Kegiatan itu dalam rangkaian peringatan Harlah.


Ia mengatakan, Mural Contest yang diadakan bertemakan “Pelajar Berkarya” dengan subtema Abad Ke-2 NU, Masyayikh NU, Tokoh Nasional, Budaya Nusantara.


“Ketentuan lomba antara lain, lingkup perlombaan adalah antar-PAC dan PKPT, peserta adalah anggota PAC, PKPT atau Ranting di bawah PAC tersebut, desain Mural mengandung unsur ke-NU-an, menggunakan media dinding, durasi lomba 6 jam, peralatan Mural disediakan oleh panitia, aspek penilaian terdiri dari kerapian, kreativitas, kesesuaian dengan tema,” ungkapnya.


Sementara ketentuan lomba dalam Photo Contest antara lain, foto diambil dilokasi kegiatan Harlah, foto diposting di hari pelaksanaan, foto berisi kegiatan Harlah, akun harus asli bukan fake account, akun tidak boleh diprivasi, caption sesuai tema semenarik mungkin dan tidak mengandung unsur SARA, tag akun PC IPNU-IPPNU Jombang.


“Selain itu, juga diberlakukan Hastag yaitu #harlahipnu69 #harlahippnu68 #pcipnuippnujombang #nextvision. Untuk kriteria penilaian antara lain, kreativitas dan orisinalitas, kemampuan teknis, kreativitas caption, jumlah like instagram,” ujarnya.


Ia mengharapkan momentum Harlah ini IPNU-IPPNU dapat kembali mengerti dan memahami orientasi perjuangan dalam IPNU-IPPNU, sehingga ke depan segenap kader lebih kompak, dan IPNU-IPPNU makin maju dan lebih progresif.


Hadir pada peringatan Harlah kurang lebih 500 peserta. Mereka terdiri dari seluruh kader IPNU-IPPNU se-Kabupaten Jombang, baik dari Pimpinan Ranting (PR), Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pimpinan Komisariat (PK), Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP), Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU-IPPNU se-Kabupaten Jombang, beserta banom-banom NU yang diundang.


Daerah Terbaru