• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 29 Juni 2022

Daerah

Prof Faishol: Indonesia Paling Unggul dalam Pembelajaran Bahasa Asing

Prof Faishol: Indonesia Paling Unggul dalam Pembelajaran Bahasa Asing
Seminar dan Uji Kompetensi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris di MAN 3 Jombang (Foto: Dok MAN 3 Jombang)
Seminar dan Uji Kompetensi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris di MAN 3 Jombang (Foto: Dok MAN 3 Jombang)

NU Online Jombang,

Barang siapa yang ingin memperoleh kebahagiaan hidup di dunia, harus dengan ilmu. Dan barang siapa ingin memperoleh kebahagiaan akhirat, hendaklah ia menguasai ilmu. Itulah cuplikan dari Hadist Riwayat Bukhari yang disampaikan oleh Prof Faishol Mahmud Adam kepada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang.

 

Di awal pembukaan seminar, ia memberikan motivasi rohani kepada siswa-siswi, para guru dan tamu yang hadir.

 

"Jombang adalah kota yang memiliki nilai historis karena memiliki tokoh-tokoh besar Indonesia. Seperti KH Hasyim Asy'ari yang merupakan Muassis Nahdlatul Ulama (NU). Sebuah organisasi besar dengan pengaruh sangat baik di Indonesia dan di luar Indonesia," terang pria yang akrab disapa Prof Faishol itu.

 

Ia menjelaskan, di timur tengah nama KH Hasyim Asy'ari sangat masyhur.

 

"Bukan hanya di Sudan, beliau terkenal di seluruh negara Arab. Kami di Sudan memiliki perkumpulan mahasiswa yang membawa biografi dan karangan KH Hasyim Asy'ari. Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) di Sudan pun juga aktif dan ada," urainya.

 

Menurutnya, KH Hasyim Asy'ari merupakan tokoh pembaharu Islam yang muncul setiap 100 tahun. 

 

"Jika ada 1 tokoh yang harus disebut, maka beliaulah pada abad ini. Sosok pembaharu bagi Islam dan muslim di dunia," jelas dia.

 

Kemudian, ia memberikan motivasi tentang pentingnya ilmu.

 

"Suatu bangsa dengan negara tidak akan bisa maju kecuali dengan ilmu, 

ﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ، ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻷَﺧِﺮَﺓَ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ، ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَﻫُﻤَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ," katanya.

 

Ia mengungkapkan, ujian bahasa bagi siswa-siswi merupakan bagian dari penilaian pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa. Baik itu dalam bahasa Arab maupun bahasa Inggris.

 

"Sebenarnya, dalam ujian ini ada motivasi tersendiri bagi siswa-siswi, untuk lebih semangat lagi dalam belajar. Oleh sebab itu penting sekali diadakan ujian untuk menilai siswa-siswi dengan terus mendorong mereka," ungkapnya.

 

Lebih lanjut, ia menegaskan tahap belajar bahasa Arab bagi Non Arab itu ada jenjangnya step by step.

 

"Universitas Islam Negeri (UIN) Malik Ibrahim Malang sudah membuat pedoman belajar bahasa Arab. Terdapat program khusus yang membedakan dengan pelajaran bagi native Arab dimulai dari ilmu tentang bunyi," tegasnya.

 

Menurutnya, Indonesia adalah negara yang paling unggul dalam pembelajaran bahasa asing baik Arab maupun Inggris. 

 

"Orang arab sendiri lebih cuek dengan bahasa arab fusha dan lebih banyak memakai bahasa pasaran non baku (amiyah). Maka, Indonesia yang merupakan negara penduduk terbanyak ke-4 di dunia membawa pengaruh besar dalam penyebaran bahasa Arab bagi negara non Arab di seluruh dunia," pungkasnya.


Daerah Terbaru