• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

Peringati Haul Para Ulama, NU Catakgayam Mojowarno Gelar Festival Banjari Se Jombang

Peringati Haul Para Ulama, NU Catakgayam Mojowarno Gelar Festival Banjari Se Jombang
Peringati Haul Para Ulama, NU Catakgayam Mojowarno gelar Festival Banjari Se Jombang (Foto: NU Online/Achmad Subakti)
Peringati Haul Para Ulama, NU Catakgayam Mojowarno gelar Festival Banjari Se Jombang (Foto: NU Online/Achmad Subakti)

NU Online Jombang,

Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) bersama badan otonom (Banom) NU, Masyarakat Desa Catakgayam, Kecamatan Mojowarno menggelar Festival Al Banjari tingkat umum se Kabupaten Jombang dan sekitarnya. 

 

Acara ini bertempat di halaman Mushala As Sholihah, Catakgayam Utara, Catakgayam, Mojowarno. Berlangsung pada Selasa (12/07/2022) siang hingga malam hari. Ini dilakukan dalam rangka memperingati Haul Mbah Hasan Sanusi, Mbah Satari, Mbah Muslim, dan Abdul Wahib. 

 

Ketua Panitia, Muhammad Syaifur Riza menjelaskan, Festival Banjari kali ini diikuti sebanyak 30 peserta pendaftar. Namun ada yang mengundurkan diri dan hanya tersisa 27 peserta. 

 

"Pesertanya ada juga dari Nganjuk dan Kediri," ujarnya. 

 

Riza menambahkan, para peserta masing-masing grup beranggotakan maksimal 10 orang. Dengan membawakan 2 lagu berbahasa Arab dengan durasi 10 menit. Selain itu, peserta harus membawa peralatan sendiri dan wajib menyerahkan teks lagu ke panitia. 

 

"Acara ini dilakukan satu tahun sekali dan selalu didukung oleh Banom NU lainnya. Seperti Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Fatayat NU dan Muslimat NU serta pemerintah desa dan masyarakat Catakgayam sekitar Mushala," katanya kepada NU Online Jombang.

 

Riza memaparkan, untuk kriteria penilaian vokal (40 poin), nilai pukulan atau variasi (30 poin) dan adab (30 poin). Jika terdapat poin yang sama, maka dilihat dari nilai vokal, kemudian nilai pukul dan adab. 27 grup ini akan memperebutkan 7 gelar juara.

 

Hasil akhirnya diperoleh, Rohmatul Ihsan Kids (97,25) menjadi juara 1, disusul Sayyidul Kaunain (97.00) juara 2 dan PepeDeU (96.25) juara 3. Dilanjut Mimbarul Jannah (96.00) menjadi juara harapan 1 dan Anaman Kediri (96.00) juara harapan 2. Best Vokal diraih oleh Asy Syafiah dan Best Pukul diraih oleh Al Aziz Jr. 

 

Usai acara, Riza berharap para pemuda untuk bisa selalu berkegiatan positif, tidak hanya kluyuran saja. Misalnya dengan bershalawat nabi seperti ini.

 

"Anak-anak muda di Catakgayam ini bisa dipercaya oleh masyarakat untuk mengadakan kegiatan positif," tandasnya.


Daerah Terbaru