Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Fiqih Opini Keislaman Khutbah Mitra

Rayakan Maulid Nabi, Remas Al Hasan Padukan Tarian Sufi dan Shalawat Al Banjari

Rayakan Maulid Nabi, Remas Al Hasan Padukan Tarian Sufi dan Shalawat Al Banjari
Rayakan Maulid Nabi, Mahasiswa Padukan Tarian Sufi dan Shalawat Al Banjar. (Foto: NU Online Jombang/Siti Ratna Sari)
Rayakan Maulid Nabi, Mahasiswa Padukan Tarian Sufi dan Shalawat Al Banjar. (Foto: NU Online Jombang/Siti Ratna Sari)

NU Online Jombang, 
Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, ada cara unik yang dilakukan oleh Remaja Islam Masjid (Risma) Al Hasan, desa Balong Ombo, Kecamatan Tembelang dibantu dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah (Unwaha). Pasalnya, untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, mereka memadukan tarian sufi dengan pembacaan shalawat.

 

"Tarian sufi itu berasal dari grup Capil Gunung Ngawi. Mereka memadukan tarian sufi dengan pembacaan shalawat nabi," jelas Ichsan Nur Qolbi saat ditemui oleh NU Online Jombang.

 

Ketua kelompok KKN mahasiswa Unwaha itu menjelaskan, Risma Al Hasan memiliki konsep yang berbeda dalam rangka merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

Mereka ingin mengenalkan seni budaya yang dipadukan namun tetap kental nuansa islamnya. Perayaan maulid nabi kali ini juga sekaligus menunjukkan pada masyarakat bahwa Islam itu agama yang luas dan luwes. 

 

"Karena kalau hanya sekedar pembacaan shalawat, sudah sering dilakukan. Jadi Risma Al Hasan ingin perayaan Maulid Nabi kali ini lebih berbeda dan memiliki makna. Sehingga pembacaan shalawatnya diiringi dengan tarian sufi," jelasnya.

 

Sementara itu, ketua Risma, Tegar Wahyu Firmansyah menuturkan, Maulid Nabi kali ini  juga dihadiri oleh KH Lukman Hakim Mahfudz dari Tambak Beras untuk mengisi pengajian umum. Sementara itu, grup pembaca shalawat adalah Khanzul Khoirot featuring Ustadz Fandy Irawan dari Jogoroto.

 

"Alhamdulillah kegiatan bisa terlaksana dengan lancar walaupun dengan keadaan sedikit gerimis. Alhamdulillah lagi, pematerinya bisa datang kesini," ujarnya.

 

Ia juga bersyukur acara dapat berjalan lancar karena acara Maulid Nabi ini adalah agenda pertamanya sebagai pengurus baru Remas Al Hasan, Balong Ombo. 

 

"Semoga ini menjadi langkah awal untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya yang sudah hampir 2 tahun ini terhenti karena pandemi. Semoga acara ini juga sekaligus dapat menjaga kerukunan tetangga agar tetap terjalin baik," pungkas Ikhsan.

 

Ia juga berharap, semoga kegiatan tersebut bisa menambah kecintaan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

 

Kegiatan Maulid Nabi tersebut diikuti oleh Ketua RT dan RW serta masyarakat setempat. Acara ini bertempat di Musholla Al-Kautsar, desa Balong Ombo, kecamatan Tembelang Jombang.

 

Kontributor: Siti Ratna Sari
Editor: Fitriana

Terkait

Warta Lainnya

terpopuler

rekomendasi