• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Daerah

Rutin Gelar Bazar Ramadhan, IPNU-IPPNU Karanglo Mojowarno Tumbuhkan Jiwa Wirausaha kader

Rutin Gelar Bazar Ramadhan, IPNU-IPPNU Karanglo Mojowarno Tumbuhkan Jiwa Wirausaha kader
Rutin Gelar Bazar Ramadhan, IPNU-IPPNU Karanglo Mojowarno Tumbuhkan Jiwa Wirausaha. (Foto: NU Online Jombang/Achmad Subakti)
Rutin Gelar Bazar Ramadhan, IPNU-IPPNU Karanglo Mojowarno Tumbuhkan Jiwa Wirausaha. (Foto: NU Online Jombang/Achmad Subakti)

NU Online Jombang,
Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Karanglo, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang menggelar Bazar Ramadhan di depan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahunnajah Bajang, Karanglo.


Amirul Muttaqin, Ketua PR IPNU Karanglo mengungkapkan, bazar ini tidak asing bagi masyarakat Karanglo, apalagi bagi mereka yang notabenenya adalah pedagang.


"Bazar ini adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh IPNU-IPPNU Karanglo setiap tahun sekali, mulai dari periode pertama tahun 2017 sampai saat ini," ungkapnya, Ahad (24/4/2022). 


Ia menyampaikan konsep kegiatan bazar ini berlangsung selama 3 hari. Dimulai dari hari Jumat (22/04/2022) hingga Ahad (24/2/2022). Dilaksanakan pada pukul 15.00-17.30 WIB. 


Pria yang akrab disapa Amir ini menjelaskan, pada hari pertama bazar dibuka dengan kegiatan seremonial. Sambutan disampaikan ketua pelaksana dan ketua IPNU Karanglo. "Di hari pertama juga kami buka dengan pelepasan balon dan menyalakan petasan," kata Amir.


Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan nomor urut bazar oleh peserta bazar yang seluruhnya ada 24 stand dari seluruh masyarakat Desa Karanglo. Untuk pembayaran setiap stand dibandrol dengan harga 4 ribu saja. 


"Di hari kedua, kurang lebih sama. Peserta bazar tinggal menuju ke stand dan menjaga dagangannya," tutur Amir. 


Di hari ketiga, bazar dilaksanakan hingga malam hari dan berkolaborasi dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor setempat. Pada sore harinya, bazar diiringi oleh live music dari Faiq Audio. "Malam harinya kami tutup dengan penutupan berupa pembacaan shalawat untuk memperingati hari lahir GP Ansor ke-88 dan diselingi dengan doorprize," imbuhnya. 


Amir menambahkan, tujuan diadakannya bazar ini menjadikan pelajar NU yang multitalent dan mempunyai jiwa wirausaha. "Selain itu juga memberi peluang kepada para pedagang," paparnya. 


"Semoga dengan adanya bazar ini kita tetap bisa berbagi ilmu, berbagi pengalaman serta menjadikan para kader IPNU-IPPNU bisa mengabdi di masyarakat melalu interaksi dan keromantisan dalam berjualan," harapnya.


Daerah Terbaru