• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 6 Juli 2022

Daerah

IPNU IPPNU Jombang Gelar Turba dan Kajian Risalah Ahlussunnah wal Jamaah

IPNU IPPNU Jombang Gelar Turba dan Kajian Risalah Ahlussunnah wal Jamaah
IPNU IPPNU Jombang Gelar Turba dan Kajian Risalah Ahlussunnah wal Jamaah (Foto : NU Online/Annisa)
IPNU IPPNU Jombang Gelar Turba dan Kajian Risalah Ahlussunnah wal Jamaah (Foto : NU Online/Annisa)

NU Online Jombang,

Mengisi bulan Ramadhan dengan riang gembira, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Jombang mengadakan agenda turun ke bawah (Turba) dan buka bersama secara bergilir sesuai peta koordinasi daerah (Korda).

 

Menariknya, dalam Turba terakhir ini, disertakan juga mengkaji kitab karangan Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari, yakni Risalah Ahlussunnah wal Jamaah oleh ustadz Roikhan Arif Pambudi. 

 

"Tujuannya untuk membentengi generasi muda agar umat islam tidak terpecah belah dengan dalil takfiri," ungkap Miftakhul Nur Della Anggi Mulya, Ketua PC IPPNU Jombang.

 

Kitab Risalah Ahlissunnah wal Jamaah ini adalah suatu bentuk usaha intelektual dalam mempertahankan Islam Ahlussunnah wal Jamaah di Indonesia yang dilakukan oleh Hadratussyekh. 

 

Menurut Della, selain melakukan kajian, ustadz Roikhan juga membagikan kitab tersebut kepada perwakilan PC dan PAC di utara berantas. Dengan harapan ada semangat baru dalam mengkaji serta mengenalkan karya Rais Akbar PBNU kepada pelajar NU sejak dini.

 

Turba dan buka bersama yang terakhir ini diikuti oleh Korda Kejora yang meliputi Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Plandaan, Kabuh, Ploso, Kudu serta Ngusikan, Selasa (19/4/2022). Acara bertempat di Pondok Pesantren (PP) Kalimasada desa Bangsri Kecamatan Plandaan. 

 

Della menambahkan, meski hampir seluruh wilayah utara berantas diguyur hujan deras tidak menyurutkan semangat rekan-rekanita untuk hadir di acara tersebut. 

 

"Kegiatan sedikit mundur dari jadwal semula, dikarenakan menunggu rekan-rekanita yang masih terjebak hujan," jelas perempuan yang akrab disapa Della itu.

 

Ia berharap, dengan Turba dan buka bersama bisa tercipta tali silaturahim yang baik.

 

"Semoga dengan kegiatan ini kami bisa lebih dekat dengan PAC, mampu mendengar keluh kesah mereka di PAC maupun Pimpinan Ranting (PR)," harapnya.

 

Dalam waktu dekat, lanjut dia, PC IPNU IPPNU Jombang juga punya agenda kegiatan besar.

 

"Insyaallah akan ada agenda rutin tahunan kami yakni Ramadhan Bahagia pada tanggal (23-24/4/2022) di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang. Selain itu, kami dipilih menjadi tuan rumah kegiatan Ramadhan MileNUal Forum Pengurus Wilayah (PW) IPNU Jawa Timur pada tanggal (26-27/4/2022) di PP Mambaul Ulum Megaluh," pungkasnya.


Daerah Terbaru