• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Pelajar NU di Jombang Berkolaborasi Galang Dana untuk Masyarakat Terdampak Semeru

Pelajar NU di Jombang Berkolaborasi Galang Dana untuk Masyarakat Terdampak Semeru
Pelajar NU di Jombang Berkolaborasi Galang Dana untuk Masyarakat Terdampak Semeru. (Foto: Dok PAC IPNU-IPPNU Jombang)
Pelajar NU di Jombang Berkolaborasi Galang Dana untuk Masyarakat Terdampak Semeru. (Foto: Dok PAC IPNU-IPPNU Jombang)

NU Online Jombang, 
Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) bersama Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Jombang menggalang dana untuk korban erupsi gunung semeru, Rabu-Jumat (8-10/12/2021).


Alif Fajar Al farabi, Ketua DKAC CBP mengatakan, aksi kolaborasi ini dilakukan dengan dua cara. Pertama, mempublikasikan pamflet ke media sosial, dan mengajak masyarakat untuk turut berdonasi melalui transfer rekening BRI atas nama Ninis Wulandari : 002301102188504 atau BCA atas nama Yusriyah Alam Armadike : 2660434105. Kedua, turun ke jalan bersama DKAC CBP KPP dan PAC IPNU-IPPNU Jombang serta Pimpinan Ranting (PR) se-Kecamatan Jombang. 


“Ada sekitar 20 Pimpinan Ranting se-Kecamatan Jombang yang turut berpartisipasi turun ke jalan untuk melakukan aksi galang dana. Jalan tersebut antara lain Jl Dr Soetomo (Perempatan Kebon Rojo), Jl Dr Wahidin Sudirohusodo (perempatan sengon), Jl Gus Dur (Perempatan Stadion Jombang),” ujarnya, Jumat (10/12/2021). 


Pelajar yang akrab disapa Rekan Alif ini memaparkan, alasan menggunakan cara tersebut untuk penggalangan dana karena aksi ini sedari awal dikonsep oleh pengurus DKAC CBP KPP dan PAC IPNU-IPPNU Jombang Kota untuk melatih anggota agar lebih berempati kepada sesama yang terkena erupsi gunung semeru.


Arifah, Ketua DKAC KPP yang turut dalam aksi penggalangan dana ini menambahkan, aksi kolaborasi antara DKAC CBP KPP dan PAC IPNU IPPNU Jombang diadakan supaya hubungan silaturahim antaranggota semakin dekat.


Pada kesempatan itu, M Wildan, Ketua PAC IPNU Jombang Kota mengatakan, aksi kemanusiaan ini dimaksudkan agar komunikasi antara DKAC CBP KPP dan PAC IPNU IPPNU Jombang dapat lebih baik, dengan demikian terwujudlah sinergitas gotong royong untuk menyukseskan program kerja selanjutnya.


“Dalam penggalangan dana ini, berawal dari inisiatif DKAC CBP KPP yang kemudian disambut baik oleh PAC IPNU-IPPNU Jombang Kota sehingga aksi kolaborasi ini akhirnya dilakukan," jelasnya.


Galang dana untuk korban erupsi semeru ini tidak berpaku pada target perolehan, tapi ia berharap berapapun perolehannya dapat memberikan manfaat untuk korban yang terdampak.


Pelajar yang akrab disapa Wildan ini menjelaskan, untuk pendistribusian hasil perolehan galang dana ini akan disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jombang yang kemudian diserahkan ke Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), diteruskan ke Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), lalu diserahkan langsung kepada korban erupsi gunung semeru.


Kontributor: Ira Wahyu Wardhani
Editor: Ahmad 


Daerah Terbaru