Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Fiqih Opini Keislaman Khutbah Mitra

Diklatama CBP KPP Mojowarno Bidik Kader Loyal untuk Masyarakat

Diklatama CBP KPP Mojowarno Bidik Kader Loyal untuk Masyarakat
Diklatama CBP KPP Mojowarno Bidik Kader Loyal untuk Masyarakat. (Foto: NU Online Jombang/Annisa Rahma)
Diklatama CBP KPP Mojowarno Bidik Kader Loyal untuk Masyarakat. (Foto: NU Online Jombang/Annisa Rahma)

NU Online Jombang 
Upaya membentuk kader yang loyal dan berkualitas terus dilakukan oleh Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP) Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Salah satunya melalui Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) CBP KPP IV yang digelar Jumat-Ahad (26-28/11/2021) di lapangan Desa Gondek.  


"Diklatama ini juga sebagai bentuk komitmen kader, agar berperan aktif dalam masyarakat menuju anggota yang kompeten ke depannya," kata Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Mojowarno Reski Amirullah kepada NU Online Jombang, Ahad (28/11/2021). 


Lebih jauh, Komandan DKAC CBP Mojowarno, Mochamad Ferdi Arya Pratama  menyampaikan, Diklatlama penting dilakukan untuk mencetak kader penerus yang bisa berkiprah dan hadir langsung di tengah masyarakat memberikan kontribusi nyata. 


Karenanya, kata dia, peserta dilatih meningkatkan kepekaan terhadap situasi yang ada di masyarakat. "Kami harap Diklatlama ini mampu membangun kesadaran para pelajar, serta membentuk watak dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat", ungkapnya.


Ferdi panggilan akrabnya merinci, rangkaian Diklatama ini ada tiga sesi penting. Pertama penguatan mental dengan menguatkan ideologi. Kedua, penguatan fisik. Peserta dilatih dengan push up, sit up, dan lain sebagainya. Ketiga penguatan aspek kemanusiaan.


"Bagi beberapa peserta yang belum mendapatkan Pakaian Dinas Lapangan (PDL), nantinya akan berusaha dengan syarat membantu masyarakat dalam hal apapun misalnya membersihkan got atau sungai, membantu memasak di rumah warga sekitar atau apapun yang bersifat kemanusiaan," katanya.


Hal itu diharapkan bisa menambah wawasan dan pengalaman. Sehingga benar-benar menjadi kader yang loyal, militan, dan sanggup memenuhi komitmen sebagai kader CBP KPP sesuai slogannya belajar, berjuang, bertakwa serta mengabdi.


Diklatama diikuti oleh 33 peserta. Mereka di antaranya berasal dari Kecamatan Mojowarno, beberapa peserta datang dari luar Mojowarno. Bahkan sebagian dari Mojokerto. 


Hadir pada kesempatan ini, Ahmad Athoillah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, PLT ketua MWCNU Mojowarno, serta pengurus badan otonom (Banom) MWCNU, pemerintah desa (Pemdes) Desa Gondek, dan polisi sektor (Polsek) Mojowarno. 


Kontributor: Annisa Rahma
Editor: Ahmad 

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi