• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

Begini Cara Ansor Bareng Jombang Kuatkan Ekonomi Organisasi

Begini Cara Ansor Bareng Jombang Kuatkan Ekonomi Organisasi
GP Ansor Bareng MoU dengan Air Minum Tiber, Perumda Aneka Seger dan Beresin Sampah, dikonsep dengan Seminar Ekonomi Sirkular di Cafe Gubuk Sawah Desa Mojounggul, Bareng, Jumat (25/8/2023). (Foto: Dok Ansor Bareng)
GP Ansor Bareng MoU dengan Air Minum Tiber, Perumda Aneka Seger dan Beresin Sampah, dikonsep dengan Seminar Ekonomi Sirkular di Cafe Gubuk Sawah Desa Mojounggul, Bareng, Jumat (25/8/2023). (Foto: Dok Ansor Bareng)

NU Online Jombang, 
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bareng, Kabupaten Jombang menjadikan momentum bulan kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI) dengan menguatkan kemandirian ekonomi organisasinya. Hal ini dilakukan dengan cara bekerja sama dengan Air Minum Tiber, Perumda Aneka Seger dan Beresin Sampah, dikonsep dengan Seminar Ekonomi Sirkular di Kafe Gubuk Sawah, Desa Mojounggul, Bareng, Jumat (25/8/2023).


Ketua PAC GP Ansor Bareng M Muizzuddin Luthfi menerangkan bahwa kekuatan ekonomi dalam sebuah organisasi akan berkontribusi besar terhadap laju roda organisasi. Hal itu pula yang menjadi ikhtiar Ansor Bareng hingga sekarang untuk mewujudkan kemandirian ekonomi di tubuh Ansor.


Karena itu, ia menegaskan, kerja sama dengan berbagai pihak adalah salah satu kunci untuk menjadikan Ansor Bareng kian maju, lantaran ditopang dengan kekuatan ekonomi di dalamnya. Ia juga mengaku, Ansor Bareng telah bersepakat menjalin kemitraan dengan Air Minum Tiber, Perumda Aneka Seger dan Beresin Sampah.

 
"Dengan dukungan pergerakan ekonomi yang kokoh dan baik maka insyaallah perjuangan akan semakin lancar. Apalagi dalam gerakan ekonomi PAC GP Ansor Bareng telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Air Minum Tiber, Perumda Aneka Seger dan Beresin Sampah bisa menunjang ekonomi secara berkelanjutan dan membantu negara mengurangi penggunaan sampah bekas," terangnya.


Poin-poin kesepakatan dalam MoU itu menurut dia akan mulai dilaksanakan bulan depan atau September. Ia kemudian merinci pola kerja sama yang dilakukannya. 


"Nantinya sasaran pendistribusian Tiber ini adalah toko-toko, jamaah pengajian dan umum. Kemudian kerja sama dengan Beresin Sampah itu sistemnya kita menukar berbagai sampah daur ulang menjadi uang yang akan masuk ke saldo smard card, dari pihak Beresin Sampah siap mengambil sampah yang terkumpul," tuturnya.


Sementara pola kerja sama dengan Perumda Aneka Seger dengan mengunduh aplikasi beresin sampah. "Ketika kita sudah men-download aplikasi di Google Play Store, kita bisa membeli sembako di sana dengan harga murah dan langsung dikirim langsung oleh pihak Aneka Seger," lanjut ia.


Ia berharap, terselenggaranya seminar tersebut dapat menjadikan Ansor sebagai pelopor ekonomi sirkular keumatan. "Saya berharap semua kader dapat memanfaatkan peluang ini dengan baik," harapnya.


Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Jombang, Khoirul Hasyim saat menghadiri kegiatan ini menyampaikan, sebuah organisasi seperti Ansor memang perlu terus menguatkan aspek perekonomian di dalamnya untuk mengoptimalkan pelaksanaan program-program yang dirancang.


"Kita harus belajar, dari Nahdlatut Tujjar yang digagas oleh KH Wahab Hasbullah sebagai sebuah lembaga ekonomi yang menopang gerakan-gerakan para ulama kala itu," ujar pria akrab disapa Hasyim itu.


Ia menegaskan, PAC Ansor Bareng memiliki banyak potensi, yang salah satunya potensi ekonomi berbasis sirkular. "Karenanya, potensi ini harus dikembangkan. Guna menjadikan kemandirian ekonomi organisasi yang ramah lingkungan," tegasnya.


Daerah Terbaru