• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 27 Februari 2024

Daerah

Wujudkan Kemandirian Organisasi, Ansor Bareng Rintis Usaha Jamu Tradisional

Wujudkan Kemandirian Organisasi, Ansor Bareng Rintis Usaha Jamu Tradisional
Jamune Ansor Bareng (Foto: NU Online/Ali Purnomo)
Jamune Ansor Bareng (Foto: NU Online/Ali Purnomo)

NU Online Jombang,

Guna mewujudkan kemandirian organisasi, Ansor kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang merintis usaha pembuatan jamu tradisional. Jamu yang diproduksi beragam. Mulai dari beras kencur, kunyit asam hingga temulawak.

 

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bareng, Muhammad Muizzudin Luthfi saat di konfirmasi NU Online Jombang, Senin (25/07/2022) mengatakan, ini pertama kalinya Ansor Bareng membuat badan usaha jamu tradisional.

 

"Ini baru pertama Ansor Bareng mulai wirausaha dengan membuat jamu tradisonal. Mulai dari beras kencur, kunyit asam hingga temulawak. Wirausaha ini diberi nama Jamune Ansor Bareng," ungkap pria yang kerap dipanggil Muiz ini.

 

Ia menjelaskan, Ansor Bareng lebih memilih usaha pembuatan jamu tradisional. Sebab, jamu tradisional merupakan produk yang sudah sangat populer di masyarakat sehingga pemasarannya lebih mudah.

 

Selain itu, lanjut Dia, dalam memasarkan jamu tradiasional tersebut, mereka mulai dari kalangan NU dulu. Karena dinilai masih baru atau perdana dalam wirausaha yang digeluti ini, sehingga memasarkan pada kalangan NU serta Banomnya dirasa lebih efektif.

 

Menurut Muiz, modal yang digunakan untuk wirausaha berasal dari kas Ansor yang kemudian hasil keuntungannya akan digunakan untuk kepentingan organisasi.

 

"Kita masih baru dalam usaha jamu ini, jadi pemasaran kita sementara untuk kalangan NU dan Banom-banomnya saja. Sambil mengalir, kami berusaha untuk mewujudkan kemandirian organisasi dengan mengembangkan potensi kader Ansor dalam berwirausaha ini," jelasnya.

 

Dirinya berharap, Ansor harus punya produk sendiri yang bisa dipasarkan agar tercipta kemandirian organisasi. Dengan begitu, roda organisasi bisa berkembang dengan baik.

 

"Mohon doanya semoga ke depan usaha jamune Ansor Bareng ini bisa berkembang pesat dan bermanfaat untuk umat," harapnya.


Daerah Terbaru