Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

Pesantren Besar di Jombang Hadiahkan Doa untuk Kesembuhan Kiai Said

Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Empat pondok pesantren besar di Kabupaten Jombang memberikan dukungan morel untuk kesembuhan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj yang beberapa waktu lalu terkonfirmasi positif Covid-19. Keempat pondok tersebut seperti Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Mambul Ma'arif Denayar, Darul Ulum Rejoso, dan Pesantren Tebuireng. Pesantren-pesantren di Kota Santri ini selain menghadiahkan doa untuk Kiai Said, juga mengajak masyarakat juga turut mendoakannya.

Pengasuh Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Jombang, KH Abdussalam Shokhib meminta masyarakat Jombang khususnya untuk mengirimkan fatihah kepada Kiai Said sebagai perantara kesembuhannya.

"Semoga beliau segera diberi kesehatan lahir batin, sehingga bisa membimbing umat dan menjadi mentor kami semua dalam berkhidmah, mengabdi ke masyarakat dan umat. Mohon dibacakan surah Al-Fatihah untuk kesembuhan beliau," ujarnya, Selasa (1/12).

Baginya, Ketum PBNU itu adalah sosok kiai yang alim, istikamah, pemimpin yang berkarakter dan menginspirasi masyarakat luas. Karenanya, kehadiran Kiai Said di tengah masyarakat baik langsung maupun tidak senantiasa diharapkan. Ia mengimbau kepada masyarakat agar turut memberikan dukungan atas kesehatan Kiai Said agar segera bisa beraktivitas kembali menuntun umat.

Hal senada juga ungkapkan oleh Nur Hidayat, Juru bicara Pondok Pesantren Tebuireng. Ia menyampaikan, warga NU khususnya sudah seharusnya mendoakan Kiai Said agar virus corona secepatnya diangkat oleh Allah SWT.

"Sudah sepantasnya kita sebagai santri mendoakan beliau, beliau adalah orang baik serta mempunyai karisma tersendiri dalam memimpin NU," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan dari Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, KH Wafiyul Ahdi mengungkapkan, dirinya sudah menginstruksikan kepada para santrinya agar membiasakan membaca amalan-amalan tertentu sebagai wasilah kesembuhan Kiai Said.

"Selama ini kita sudah membiasakan khatmil Qur'an dan baca wiridan atau berdoa untuk semua keluarga pesantren dan juga keluarganya santri-santri agar diberi sehat dan disembuhkan dari sakit. Maka aktivitas yang sudah berjalan itu tinggal kita tambahi doa khusus untuk kesembuhan Kiai Said," tuturnya.

Pengasuh Ponpes Darul Ulum, Rejoso, Peterongan, Zaimuddin Wiyaja As'ad atau sering dipanggil Gus Zeum mengatakan, sesama umat Islam sudah seharusnya saling mendoakan untuk kebaikan bersama.

"Kepada seluruh umat Islam, khususnya warga NU, mari kita doakan semoga Kiai Said dan kiai-kiai lain serta saudara-saudara kita yang sedang terpapar Covid-19, mudah-mudahan segera mendapat kesembuhan, sehingga dapat berdakwah seperti semula," ucapnya.

Kontributor: Rohmadi
Editor: Syamsul Arifin