• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 17 April 2024

Amaliyah NU

Ini 7 Amalan dan Persiapan Sambut Bulan Ramadhan

Ini 7 Amalan dan Persiapan Sambut Bulan Ramadhan
Ilustrasi menyambut Ramadhan. (Foto: Freepik)
Ilustrasi menyambut Ramadhan. (Foto: Freepik)

Ramadhan merupakan bulan yang suci dan penuh dengan rahmat. Kedatangannya sangat ditunggu-tunggu umat Islam. Menyambut dengan hati yang gembira adalah sikap yang semestinya. Karena kita bisa meraih keutamaan-keutamaan yang ada di bulan Ramadhan. 

 

Sembari menunggu bulan Ramadhan tiba, berikut ini amalan-amalan yang dapat dilakukan dalam menyambut bulan Ramadhan. 

  1. Berdoa menyambut bulan Ramadhan

Di antara doa yang dapat dibaca ketika menyambut kedatangan Ramadhan sebagai di bawah ini. 


اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ


Artinya, “Ya Allah, berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan.” (HR Ahmad).


اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً


Artinya, “Ya Allah, selamatkan aku hingga sampai Ramadhan, dan selamatkan Ramadhan untukku, dan terimalah Ramadhan dariku dengan benar-benar diterima.” (Doa Yahya bin Abi Katsir dalam Hilyah).

 
  1. Berdoa ketika melihat hilal Ramadhan

Saat kita berhasil melihat hilal Ramadhan, hendaknya berdoa berikut ini:


اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ


Artinya, “Ya Allah, jadikanlah bulan Ramadhan ini ‘membawa’ keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman bagi kami. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, wahai bulan petunjuk dan kebaikan.” (HR Ahmad dan At-Tirmidzi).

 
  1. Mengucapkan taniah, selamat atas datangnya Ramadhan kepada sesama Muslim

Rasulullah saw bersabda: 


قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ مُبَارَكٌ، اُفْتُرِضَ عَلَيْكُمْ صِيَامُهُ، تُفْتَحُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَتُغْلَقُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلُّ فِيْهِ الشَّيَاطِيْنُ، فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ، مَنْ حُرِمَ خَيْرُهَا فَقَدْ حُرِمَ


Artinya, "Sungguh telah datang kepada kalian bulan mulia. Diwajibkan kepada kalian puasanya, di dalamnya pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka dikunci, dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya ada malam yang lebih baik daripada 1000 malam. Siapa saja yang terhalang dari kebaikannya, maka ia terhalang dari kebaikan." (HR Ahmad dan An-Nasai). 


Dari hadits tersebut, Nabi Muhammad saw memberi kabar gembira kepada para sahabat atas datangnya bulan mulia.

 
  1. Meneguhkan niat amal kebaikan

Niat adalah fondasi dari amal perbuatan. Sebelum masuk Ramadhan umat Islam bisa berniat untuk  melakukan kegiatan yang diantaranya tadarus Al-Qur’an, bertaubat, dan sebagainya. 

 
  1. Meningkatkan pengetahuan seputar Ramadhan

Menjelang Ramadhan, kita hendaknya mengulas kembali ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Ramadhan. Mengkaji kembali apa saja rukun puasa, syarat puasa, dan hal-hal yang membatalkan puasa di berbagai artikel dan media. Atau bisa juga dengan membaca kitab yang berhubungan dengan puasa, seperti kitab Ihya Ulumiddin, Lathaiful Ma’arif, dan sebagainya.

 
  1. Mempersiapkan fisik dan psikis

Mempersiapkan kesehatan fisik dan psikis badan agar bisa menjalankan ibadah di bulan Ramadhan secara optimal.

 
  1. Mempersiapkan harta benda

Hal ini penting dilakukan agar bisa menafkahi keluarga dengan maksimal. Di samping itu agar bisa bersedekah kepada sesama di bulan Ramadhan. 

 
*Keterangan ini diambil dari artikel NU Online berjudul Ini 7 Amalan Penting Jelang Ramadhan


Amaliyah NU Terbaru