• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Amaliyah NU

Amalan Dzikir Harian dan Doa Bulan Rajab, Dibaca Sepanjang Waktu

Amalan Dzikir Harian dan Doa Bulan Rajab, Dibaca Sepanjang Waktu
Ilustrasi dua orang sedang berdzikir dan berdoa di bulan Rajab. (Foto: Freepik)
Ilustrasi dua orang sedang berdzikir dan berdoa di bulan Rajab. (Foto: Freepik)

Bulan Rajab, satu dari empat bulan mulia atau bulan haram dalam kalender hijriah. Kesemuanya yaitu bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Jamak di kalangan Muslim bahwa terdapat perlakuan khusus dalam mengisi bulan-bulan mulia itu, misalnya dengan meningkatkan aneka amal kebaikan.


Di bulan Rajab, ada banyak amalan yang memang dikhususkan untuk dilakukan umat Islam. Amalan-amalan itu merujuk pada apa yang diajarkan Nabi Muhammad saw, para ulama salafus shaleh, kemudian dilanjutkan oleh masyarakat Muslim hingga saat ini. Di antara amalan itu misalnya doa bulan Rajab, dzikir, puasa, dan seterusnya.


Umat Islam hendaknya memaknai bulan Rajab sebagai kesempatan terbaik untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah menjadi hamba yang bersih sekaligus menumpuk pahala sebanyak-banyaknya. Karena di bulan Rajab tersedia pahala besar yang bisa diambil dengan cara mengerjakan amalan-amalan yang telah diajarakan. Sebagaimana pendapat salah seorang ulama sebagaimana berikut:


ان رجب شهرفضيل، والعبادة فيه لها اجر جليل، خصوصا الصوم فيه والاستغفار، والتوبه


Artinya, "Sesungguhnya Rajab adalah bulan yang agung, dan ibadah di dalamnya mendapatkan pahala yang besar, terutama puasa, dan istighfar serta tobat." 


Nabi Muhammad saw dalam salah satu haditsnya menegaskan bahwa bulan Rajab adalah bulan Allah:


 ان رجب شهرالله وشعبان شهرى ورمضان شهرامتى


Artinya, “Sesungguhnya Rajab adalah bulannya Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku”.


Untuk itu, senyampang bulan Rajab belum berganti, umat Islam masih mempunyai kesempatan yang besar untuk meraih aneka keistimewaan dan sejumlah kemuliaan bulan Rajab. 


Berikut ini adalah dzikir dan doa yang dapat diamalkan umat Islam untuk mengisi bulan Rajab. Amalan ini sebagai ikhtiar untuk memperoleh kemuliaan-kemuliaan bulan Rajab sekaligus sebagai upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah swt.


1. Dzikir tanggal 1-10 Rajab dibaca 100x

 سبحان الله الحي القيوم


 Subhanallahil hayyul qayyuum


2. Dzikir tanggal 11-20 Rajab dibaca 100x

 سبحان الله الاحد الصّمد


Subhanallahil ahadish shamad


3. Dzikir tanggal 21-30 Rajab dibaca 100x

 سبحان الله الرؤوف الرحيم


Subhanallahir rauufur rahiim


4. Membaca istighfar pagi dan sore hari

Berikut ini istighfar yang bisa dibaca:


رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِي وَتُبْ عَلَيَّ


Artinya, “Wahai tuhanku, ampunilah aku, rahmatilah aku dan terimalah taubatku”


Selain itu, Sayyidul Istighfar juga bisa dibaca dalam bulan Rajab. Bacaannya sebagai berikut: 


اَللَّهُم أَنْتَ رَبِّيْ لآ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْـتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّه لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنت


Artinya, "Wahai tuhanku, Engkau tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas Kemampuan ku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.


5. Membaca doa Rasulullah

Doa ini sudah masyhur di kalangan umat Islam. Adapun doanya sebagaimana berikut ini: 


اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَـعْبَانَ وَبَلِّـغْنَا رَمَضَانَ


Artinya, "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan." 


Rasulullah saw bersabda: 


قال صلى الله عليه وسلم: خمس ليال لاترد فيه الدعاء: اول ليلة من رحب، وليلة النصف من شعبان، وليلة الجمعة، وليلة الفطر وليلة النحر. (اخرجه السيوطى رحمه الله تعالى فى الجامع)


Artinya, “Ada lima malam di mana tidak ditolak di dalamnya doa: doa awal malam Rajab, malam Nisfu Sya’ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.”


Editor:

Amaliyah NU Terbaru