• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

Tekad Kelas Unggulan MAN 3 Jombang Didik Muridnya Kuasai Bahasa Asing

Tekad Kelas Unggulan MAN 3 Jombang Didik Muridnya Kuasai Bahasa Asing
Siswa dan siswi MAN 3 Jombang sedang berkomunikasi memakai bahasa Inggris. (Foto: Istimewa)
Siswa dan siswi MAN 3 Jombang sedang berkomunikasi memakai bahasa Inggris. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Setiap lembaga pendidikan, sekolah maupun madrasah tentu memiliki keunggulan masing-masing. Begitu juga dengan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang, salah satunya adalah program bahasa untuk kelas unggulan. Program ini diwadahi oleh Excellent Student Organization (ESO), sebuah organisasi yang mengatur jalannya program tersebut.


Dalam praktiknya, program bahasa itu kemudian diterjemahkan dengan Hari Bahasa. Para siswa-siswi diwajibkan menggunakan bahasa Inggris dan Arab dalam segala aktivitasnya setiap Senin dan Rabu.


Ada konsekuensi tersendiri bagi siswa dan siswi yang melanggar, tidak menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab pada Hari Bahasa. Hal ini sebagai bentuk kelas unggulan MAN 3 Jombang dalam mewujudkan peserta didiknya unggul dalam hal penguasaan bahasa.


"Siswa-siswi yang tidak menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Arab pada saat Hari Bahasa akan dikenai denda,” kata Syamsul, salah satu tim pengelola kelas unggulan, Senin (31/8/2022). 


Kepala MAN 3 Jombang, Sutrisno menyampaikan, bahwa penguasaan bahasa asing sangat penting, apalagi zaman kian maju, berbanding lurus dengan tantangannya. Karenanya, pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus menyiapkan diri dengan disiplin ilmu pengetahuan yang memadai. Dan kelas unggulan MAN 3 Jombang dengan beragam programnya adalah wujud konkret dalam mendidik siswa-siswinya bisa mengarungi zaman yang terus berubah. 


Menurutnya, MAN 3 Jombang melalui kelas unggulannya cukup serius dalam membidik siswa-siswinya bisa menguasai bahasa asing dengan baik. Di antara ikhtiar yang dilakukan adalah siswa-siswi diberikan bimbingan bahasa setiap hari pada jam pelajaran ke 9 dan 10.


“Diharapkan siswa unggulan MAN 3 Jombang dapat menguasai banyak bahasa sehingga mereka dapat membuka wawasan lebih luas lagi. Dengan begitu siswa-siswi kelas unggulan memiliki keunggulan tersendiri dalam bidang bahasa yang menunjang mereka di masa depan nanti," jelasnya.


Tak berhenti pada sekadar bimbingan formal. Kelas unggulan juga memiliki program Show Time. Program ini dibuat untuk memberikan 'panggung' lebih kepada anak didiknya agar makin andal dalam berbahasa asing. Misalnya, para siswa akan menampilkan berbagai pertunjukan dengan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab, seperti pidato, drama, dan kegiatan-kegiatan yang lain.


Show Time diadakan untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa unggulan,” ungkap Anita, Guru Bahasa Inggris.


Di samping itu, setiap semester, kelas unggulan mengadakan ujian bahasa ke Candi Borobudur. Siswa-siswi diberi waktu tiga jam untuk berkomunikasi langsung dengan turis sekaligus mendokumentasikannya.


“Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil dari pembelajaran para siswa,” kata Syamsul.


Penulis: Muhammad Lathif al Hasani, Zaidan Atabrani, Ahmad Brilliant, Muhammad Raditya, Haniful Lail, Haidar Labib, Ahmad Syafi.


Daerah Terbaru