• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Senin, 15 April 2024

Daerah

BPMO MAN 3 Jombang Terus Jaring Potensi Peserta Didik

BPMO MAN 3 Jombang Terus Jaring Potensi Peserta Didik
Salah satu gedung MAN 3 Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)
Salah satu gedung MAN 3 Jombang. (Foto: Dok NU Online Jombang)

NU Online Jombang, 
Sejumlah prestasi yang diraih oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang tidak bisa lepas dari kiprah Badan Pemantapan Materi Olimpiade (BPMO). Badan ini punya sumbangsih besar di balik nama harum madrasah yang berada di lingkungan pesantren Bahrul Ulum Tambakberas itu. Menurut data internal madrasah, dalam setahun telah meraih kurang lebih 92 prestasi. 


Koordinator BPMO, M Bagus Amrullah menyampaikan, dalam mengelola BPMO, dirinya terus menjaring potensi-potensi yang dimiliki para siswa dan siswi. Di samping itu, kaderisasi dan regenerasi menjadi mutlak diperhatikan.


Menurutnya, kaderisasi serta regenerasi memang sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan capaian prestasi di MAN 3 Jombang. Karenanya, BPMO terus menyaring siswa-siswi yang cakap dalam bidang yang ada di BPMO melalui seleksi yang ketat.


“Karena kita sadar betapa pentingnya regenerasi, maka setiap tahun kita mengadakan seleksi bagi siswa-siswi kelas 10 yang nantinya akan tergabung dalam tim BPMO MAN 3 Jombang,” ujarnya, Sabtu (13/3/2022).


Ia berharap dengan adanya regenerasi ini, siswa-siswi MAN 3 Jombang akan menjadi calon-calon juara yang kian mengharumkan nama madrasah ke depan.


Siswa-siswi MAN 3 Jombang mayoritas dari pesantren. Termasuk mereka yang bergabung di BPMO. Meski mereka tentu juga disibukkan dengan aktivitas pesantren, tapi tidak mengurangi tanggung jawab yang ada di BPMO MAN 3 Jombang. Terbukti, melalui kegigihan mereka, MAN 3 Jombang sudah meraih banyak prestasi, dari level regional hingga tingkat ASEAN. 


Ia menyampaikan, BPMO berdiri tahun 2018. Badan ini memiliki berbagai bidang garapan yang dilombakan. Di antaranya matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, geografi, dan bahasa Inggris.


“BPMO sendiri diperuntukkan bagi seluruh siswa-siswi MAN 3 Jombang mulai dari kelas 10, 11, bahkan kelas 12. Kita setiap lomba memiliki target juara, tetapi yang paling penting adalah pengalaman bagi tim BPMO, khususnya kelas 10 dan 11 yang nantinya akan menjadi calon langganan juara kebanggaan MAN 3 Jombang,” terangnya.


Bahkan, lanjutnya, siswa-siswi yang dulu pernah bergabung di BPMO, sekarang banyak yang melanjutkan kuliah di berbagai universitas ternama. 


"Ada yang melanjutkan di Universitas Indonesia (UI), dia adalah Faza Fahimatul Ilmiyah," pungkasnya.


Kontributor: Naufal Mahdy Nashrullah


Daerah Terbaru