• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

Tawassul ke Muassis NU, Rahasia Suksesnya MAN 3 Jombang

Tawassul ke Muassis NU, Rahasia Suksesnya MAN 3 Jombang

NU Jombang Online,
Madaras Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang, Jawa Timur atau nomenklatur baru MAN 3 Jombang pada tahun 2019 ini menapaki usia ke-50 tahun. 

Selama kurun waktu 50 tahun itu, kiprah MAN 3 Jombang cukup menyita perhatian masyarakat luas. Ini dikarenakan sudah tak terhitung prestasi yang diraih oleh madrasah negeri yang berada di lingkungan Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas itu. Tak hanya itu, lulusan dari MAN 3 Jombang juga telah banyak menjadi tokoh dan pemimpin sukses. 

Perihal itu disampaikan Waka Kesiswaan MAN 3 Jombang, H. Syifa' Malik. Dikatakannya, siswa-siswi MAN 3 Jombang selalu membawa nama harum lembaga saat mengikuti event-event bergengsi.

"Pada setiap event lomba, olimpide dan kejuaraan-kejuaraan di berbagai level, baik yang diadakan oleh kampus atau perguruan tinggi, juga yang diadakan oleh Kemenag Jombang atau Kanwil provinsi bahkan pada skala nasional selalu menjadi langganan juara," ucapnya, Kamis (21/2).

Sderet prestasi tersebut menurutnya, tentu tidak lepas dari bimbingan para guru yang profesional di bidangnya. Di samping itu juga karena barokah doa dari kiai-kiai Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas.

Namun di balik itu semua, paparnya, ada rahasia yang membuat semua kegiatan madrasah lancar dan selalu berhasil. Yakni semua unsur di madrasah hingga saat ini membudayakan tawassul dan sowan kepada para muassis Bahrul Ulum. 

"Siswa-siswi MAN peserta olimpiade yang sudah dipilih dan dibimbing selama berhari-hari sebelum berangkat diajak berdoa sowan dan tawassul oleh guru-guru dan pimpinan MAN pada semua muassis pondok, khususnya almaghfurlah KH. Abdul Wahab Hasbulloh," ujar dia.

Hal itu pula yang menurut pandangan membedakan dengan lembaga pendidikan lainnya.

Budaya tawassul oleh semua unsur di madrasah sangat penting dilakukan untuk melatih usaha dzahir sekaligus bathin untuk meraih kesuksesan. 

"Karena dengan tawassul mengajarkan pada anak-anak kelak dalam menapaki hidupnya bahwa dalam setiap hajat dan cita-cita tidak hanya mengandalkan usaha dzahir saja tapi juga aspek bathin sudah kita latih dan asah sejak dini," lanjut Gus Syifa' sapaan akrabnya.

Sementara itu, kepala madrasah MAN 3 Jombang, H. Sutrisno berharap agar sederat prestasi yang sudah diraih dapat dipertahankan, bahkan harus berupaya meningkatkan prestasi-prestasi tersebut. 

"Semoga MAN 3 Jombang yang merupakan salah satu madrasah di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum terus berkibar dengan kesuksesan dan kejayaan untuk mengharumkan Korp Kementrian Agama dan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang," harapnya. (Syamsul Arifin)


Editor:

Daerah Terbaru