• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 20 Juni 2024

Daerah

Spesial Ramadhan, PAC IPNU IPPNU Jombang Kota Gelar JOKER

Spesial Ramadhan, PAC IPNU IPPNU Jombang  Kota Gelar JOKER
Kegiatan Jombang Kota Excited Ramadhan (Foto: akun Instagram @jokostudent)
Kegiatan Jombang Kota Excited Ramadhan (Foto: akun Instagram @jokostudent)

NU Online Jombang,

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombang Kota menggelar Joko Excited Ramadhan atau JOKER. Kata Joko sendiri merupakan akronim dari Jombang Kota. Acara ini spesial diadakan pada bulan Ramadhan yang terdiri dari Joko Education, Imam dan bilal tarawih, kuliah tujuh menit (Kultum) serta buka bersama .

 

Anas, ketua pelaksana JOKER mengatakan, pada 1 hingga 10 Ramadhan diadakan kegiatan Joko Education dengan berbagi ilmu tentang Nahdlatul Ulama di TPQ se-Kecamatan Jombang. Tujuannya untuk memperkenalkan Nahdlatul Ulama kepada santri-santri TPQ.

 

“Kegiatan diawali dengan doa pembukaan, dilanjutkan dengan edukasi terkait pengenalan NU, sejarah hingga muassis NU. Kemudian, terdapat kuis dan permainan. Baru setelah itu doa penutup dan foto bersama,” ujarnya.

 

Pelajar yang akrab disapa Rekan Anas ini menyampaikan, tanggal 11 hingga 20 Ramadhan kegiatan JOKER berlanjut dengan Imam & Bilal Tarawih ke Desa se-Kecamatan Jombang. 

 

Ia menambahkan, acara dilanjutkan pada 21 hingga 30 Ramadhan yaitu kegiatan Kultum online oleh Kiai & Gawagis (Gus-gus) di Kecamatan Jombang. Dan untuk melengkapi kegiatan tersebut, juga diadakan buka bersama PAC IPNU IPPNU Jombang Kota.

 

“Kegiatan JOKER ini lebih istimewa dibanding yang lainnya. Selain istimewa karena diadakan di bulan Ramadhan, kegiatan ini juga menanamkan nilai keaswajaan pada anak-anak. Ini dirasa sangat perlu untuk bekal masa depan mereka,” ungkapnya.

 

Anas menuturkan, JOKER bertujuan untuk meningkatkan kualitas kader IPNU IPPNU dalam bentuk sosial keagamaan, menjalin kerja sama (kolaborasi) dengan ranting se-Kecamatan Jombang serta menjalin kolaborasi antara departemen dakwah dan departemen yang lain di PAC IPNU IPPNU Jombang.

 

“Kita lakukan publikasi kegiatan ini melalui akun Instagram @jokostudent. Kita juga turut bekerja sama dengan Kiai dan Gawagis, masyarakat serta ranting IPNU IPPNU se Kecamatan Jombang dalam menyukseskan kegiatan ini,” tuturnya.

 

Pihaknya berharap, kegiatan Joko Excited Ramadhan atau JOKER ini ke depan dapat membentuk kader-kader yang tertanam baik nilai keaswajaannya.


Daerah Terbaru