• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

Analisis Kader, IPNU IPPNU Jombang Kota Revitalisasi Skill Pelajar

Analisis Kader, IPNU IPPNU Jombang Kota Revitalisasi Skill Pelajar
Analisis Kader (ANKA) diadakan untuk mengupgrade skill kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) kecamatan Jombang (Foto : NU Online/Ira Wahyu Wardhani)
Analisis Kader (ANKA) diadakan untuk mengupgrade skill kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) kecamatan Jombang (Foto : NU Online/Ira Wahyu Wardhani)

NU Online Jombang,

Analisis Kader (ANKA) diadakan untuk mengupgrade skill kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) kecamatan Jombang. Dengan mengusung tema Revitalisasi Skill Pelajar, harapannya, dapat menghidupkan kembali skill atau kemampuan para pelajar.

 

Ade Seilla Febrianti, Wakil Ketua bidang kaderisasi PAC IPPNU Jombang Kota mengatakan, revitalisasi berasal dari kata dasar vital yang berarti penting atau perlu, diberi imbuhan re- yang berarti kembali.

 

"Revitalisasi dapat dipahami sebagai langkah memperbaiki atau menghidupkan kembali skill atau kemampuan pelajar sehingga dapat mendapatkan hasil dan manfaat yang optimal," jelasnya.

 

Ia menambahkan, tujuan ANKA adalah untuk membangun kesadaran akan pentingnya kebersamaan kaderisasi dalam kepengurusan. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan skill para pelajar khususnya pengurus PAC IPNU IPPNU kecamatan Jombang sekaligus memberikan wawasan tentang analisis rekayasa sosial.

 

"ANKA ini merupakan program kerja departemen kaderisasi yang pelaksanaanya berupa pemaparan materi analisis sosial dan rekayasa sosial. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan Forum Group Discussion (FGD) yakni diskusi bersama setelah pemaparan kedua materi selesai," imbuhnya.

 

Sementara itu, M Wildan Adzim, Ketua PAC IPNU Jombang Kota menyampaikan, ANKA dipersiapkan untuk bekal bagi kepengurusan baru yang akan menjalankan roda organisasi. Kegiatan ini juga akan menjadi tolak ukur untuk melaksanakan program kerja selanjutnya. 

 

“Dengan adanya analisis kader, pengurus pimpinan anak cabang diharapkan mendapatkan bekal untuk menjalankan grand design kolaborasi dan ekonomi kreatif dengan baik," jelasnya, Selasa (28/12/2021).

 

Bertempat di Madrasah Aliyah (MA) Al-Bairuny, Jl KH Mimbar No 118 - 122, Jombang. Analisis Kader ini dihadiri oleh sekitar 30 peserta dari IPNU IPPNU kecamatan Jombang Kota .

 

Kontributor : Ira Wahyu Wardhani

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru