• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 27 Februari 2024

Daerah

Sambut 1 Muharram, Pemdes Gandeng Ranting NU dan Banomnya Gelar Bersih Desa

Sambut 1 Muharram, Pemdes Gandeng Ranting NU dan Banomnya Gelar Bersih Desa
Peringatan 1 muharram Sambongdukuh (Foto: Dok PRNU)
Peringatan 1 muharram Sambongdukuh (Foto: Dok PRNU)

NU Online Jombang,

Dalam rangka bersih desa dan menyambut tahun baru hijriyah 1444, Pemerintah Desa (Pemdes) Sambongdukuh bekerjasama dengan Pimpinan Ranting Nahdlatul Ulama (NU) Sambongdukuh beserta Banomnya menggelar berbagai kegiatan.

 

Kepala Desa ( Kades) Sambongdukuh, Khoirurrozikin mengatakan, kegiatan bersih desa ini sudah menjadi rutinitas program tahunan dalam memberdayakan masyarakat di desanya.

 

"Bersih desa ini dapat menggali potensi warga sekaligus melestarikan budaya," katanya saat dihubungi NU Online Jombang, minggu (24/07/2022).

 

Pemdes Sambongdukuh bekerjasama dengan ranting NU beserta Banomnya dilakukan agar mendapat berkahnya para ulama.

 

"Kami dari Pemdes sengaja melibatkan Ranting NU dan Banomnya sebagai panitia pelaksana. Mulai dari Ansor, Banser, Muslimat, Fatayat, IPNU-IPPNU, UPZISNU, Karang taruna hingga tokoh masyarakat terlibat di dalamnya," ungkap Rozik yang juga merupakan Ketua UPZISNU Sambongdukuh.

 

Sementara itu, Ketua Panitia, Zainul Arifin menjelaskan akan ada 9 macam kegiatan untuk memperingati 1 Muharram di desa tersebut yang digelar mulai hari ini (23/07/2022) hingga 1 minggu ke depan (30/07/2022).

 

"Kami juga menggelar Lomba Nasyid, mewarnai, festival Banjari, donor darah, pawai ta'aruf, khotmil quran, sarasehan dan Bazar umkm. Kemudian, yang menjadi acara puncaknya adalah pengajian umum," terang pria yang akrab disapa Arifin ini.

 

Kegiatan tersebut, lanjut Arifin, dipusatkan di lapangan desa Sambongdukuh dan Aula TPQ Al fattah.

 

"Kemarin sudah berlangsung lomba nasyid dan mewarnai di aula Al Fattah dan alhamdulillah berjalan lancar," ungkap Arifin yang juga merupakan pengurus NU setempat.

 

"Juara 1 lomba nasyid diraih oleh TPQ As Syakur Sambong Santren, dan untuk juara 1 lomba mewarnai diraih oleh TK Muslimat Sambong Santren," tambahnya.

 

Perlu diketahui, rangkaian acara peringatan 1 Muharram 1444 Hijriyah dan bersih desa Sambongdukuh adalah sebagai berikut, pada 23 juli, ada lomba nasyid tingkat SD/MI dan lomba mewarnai tingkat TK/RA dan PAUD.

 

Kemudian tanggal 24 juli dilanjutkan dengan sarasehan untuk guru TPQ dan PAUD. Sementara itu, tanggal 28 juli diadakan festival banjari untuk umum.

 

"Untuk tanggal 28-30 Juli Bazar UMKM. Sementara tanggal 29 juli ada khotmil quran donor darah dan pengajian umum," terangnya.

 

Ia menambahkan, di tanggal 30 juli akan dilakukan pawai ta'aruf sebagai acara puncak.


Daerah Terbaru