• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Daerah

PMII Jombang Resmi Dilantik

PMII Jombang Resmi Dilantik
Pelantikan PC PMII masa khidmat 2022-2023 (Dok. Panitia)
Pelantikan PC PMII masa khidmat 2022-2023 (Dok. Panitia)

NU Online Jombang,

Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jombang masa khidmat 2022/2023 resmi dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PMII di Gedung Serbaguna Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) setempat pada Jumat (7/10/2022) malam.

 

Ketua PC PMII Jombang, Rizal Abdillah mengatakan bahwa Allah SWT berfirman,

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

 

Artinya, “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.” (QS. Al-Anbiya’: 107).

 

KH Muhammad Quraish Shihab pernah menjelaskan meskipun memang singkat, akan tetapi memiliki arti yang luar biasa, yaitu Rasul sebagai utusan, Allah SWT sebagai yang mengutus, A'lamin sebagai objek utusan, dan risalah.

 

"Ayat ini menjelaskan Allah SWT mengutus nabi Muhammad tidak hanya sebagai pembawa rahmat tetapi sebagai rahmat itu sendiri," kata Rizal sapaan akrabnya.

 

Jika dihubungkan dengan organisasi PMII, lanjut Rizal, PMII bukan pembawa rahmat saja tetapi sebagai rahmat itu sendiri. Sebagai pembawa perubahan itu sendiri.

 

"Masa depan tidak bisa diprediksi tapi masa depan bisa diciptakan. Mari kita ciptakan masa depan itu salah satunya dengan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia," imbuhnya.

 

 

Sementara itu, Abdullah Syukri, ketua umum PB PMII mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya PC PMII Jombang. 

 

Ia juga menuturkan, banyak sekali kegelisahan PMII mengenai kaderisasi. Bagaimana mengkontekstualisasikan gerakan PMII untuk kebutuhan anak muda hari ini.

 

"Oleh karena itu, saya mengimbau kepada seluruh kader PMII, jika memiliki ide dan gagasan terkait kaderisasi, dapat segera didiskusikan di PC. Agar nantinya, bisa disampaikan ketika musyawarah pimpinan nasional (Muspimnas) bulan depan di Tulungagung, Jawa Timur," tutur Gus Abe, sapaannya.

 

Gus Abe menambahkan, Rasulullah dulu menjadi saudagar sukses bukan karena ikut seminar entrepreneur, bukan karena seminar marketing. Akan tetapi beliau memiliki karakter, yaitu shiddiq, benar, pandai menyampaikan sesuatu, amanah, memiliki integritas, bisa dipercaya, fatonah, dan atau dipandang secara intelektual.

 

"PMII merupakan organisasi kader yang membentuk karakter. Dan tentunya karakter seperti Rasulullah yang harus dipelajari mulai dari Pengurus Rayon (PR), Pengurus Komisariat (PK), Pengurus Cabang (PC), Pengurus Koordinator Cabang (PKC), hingga Pengurus Besar (PB)," tambahnya.

 

"Karakter bukan hanya terjebak pada simbolik kegiatan. Tapi bagaimana kita harus mengikuti proses, baik formal, non formal, informal dengan maksimal," pungkasnya.


Daerah Terbaru