• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 5 Juli 2022

Daerah

Gelar PKD di Klenteng, PMII Komisariat Hasyim Asy'ari Amalkan Aswaja

Gelar PKD di Klenteng, PMII Komisariat Hasyim Asy'ari Amalkan Aswaja
Peserta PKD PMII Komisariat Hasyim Asy'ari yang digelar di Klenteng (Foto: NU Online/Faesal)
Peserta PKD PMII Komisariat Hasyim Asy'ari yang digelar di Klenteng (Foto: NU Online/Faesal)

NU Online Jombang,

Sebagai bentuk implementasi Tasamuh (toleransi.Red) yang merupakan salah satu amalan dari Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pengurus Komisariat (PK) Hasyim Asyari, menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD) di Klenteng Tri Dharma Hong San Kiong Jalan Raya Wangkal Gudo, Kecamatan Gudo Kaupaten Jombang selama empat hari sejak Rabu hingga Sabtu (17-20/11/2021).

 

Ketua Komisariat Hasyim Asy'ari, Hasan Arifin menjelaskan, dalam PMII, ada empat jenjang kaderisasi. Pertama, Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba), yang kedua adalah Pelatihan Kader Dasar (PKD) dan yang ketiga Pelatihan Kader Lanjut (PKL), serta yang keempat, Pelatihan Kader Nasional (PKN) 

 

“Jenjang Kaderisasi yang ada di PMII ada empat, MAPABA, PKD, PKL, PKN dan ini merupakan jenjang kaderisasi kedua," paparnya, Kamis (18/11/2021).

 

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Kom Hasan ini menegaskan tujuan diadakannya PKD di Klenteng adalah untuk mengamalkan salah satu prinsip dalam ajaran Aswaja dalam PMII.

 

“PMII berideologi Ahlussunnah Wal Jamaah yang di dalam prinsipnya ada Tawassuth, Tawazzun, Tasamuh dan Ta’adul. Kali ini kami mengambil yang Tasamuh. Yang artinya, sesama umat beragama harus saling menghormati dan menyayangi," jelasnya.

 

Kom Hasan menambahkan, pelaksanaan PKD di Klenteng ini sebagai salah satu bentuk sikap toleransi antar umat beragama sehingga ini yang salah dan mungkin dengan kita melaksanakan di tempatnya non muslim ini salah satu upaya agar habluminannas berjan dengan baik. Tidak hanya dengan sesama muslim saja melainkan juga dengan non muslim.

 

Disamping itu, ketua pelaksana kegiatan, Muhammad Ihsan mengatakan, acara-acara besar PMII khususnya komisariat Hasyim Asyari sering sekali mengadakan acara di tempat itu dan ini sekaligus sebagai langkah untuk mengikuti jejak KH Abdurrahman Wahid atau Gusdur.

 

“Tidak hanya sekali atau dua kali tetapi kami sering mengadakan acara-acara besar disini. Kami sudah berhubungan baik dengan pihak Klenteng. Mereka sangat welcome dengan kami setiap membuat acara. Ini juga merupakan langkah kami untuk mengikuti jejak guru kita yaitu Gusdur yang terkenal dengan sikap toleransi beliau," ungkapnya.

 

Untuk diketahui, dalam rekrutmen peserta, awalnya hanya menargetkan lingkup Jawa Timur saja khususnya di Jombang. Namun rupanya hadir juga peserta dari luar Jawa, seperti Bali, Jawa Tengah, Indramayu dan dari berbagai macam provinsi sehingga terkumpul sebanyak 66 peserta.

 

Kontributor : Muhammad Faisal

Editor : Fitriana

 

 


Daerah Terbaru