• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 31 Mei 2024

Daerah

Peringati Nuzulul Qur'an, IHM Gelar Naharul Qiro'ah dan Menyantuni 100 Anak Yatim

Peringati Nuzulul Qur'an, IHM Gelar Naharul Qiro'ah dan Menyantuni 100 Anak Yatim
Pembacaan Qiroah (Foto: Panitia Nuzulul Qur'an)
Pembacaan Qiroah (Foto: Panitia Nuzulul Qur'an)

NU Online Jombang,

Ikatan Hajjah Muslimat (IHM) Nadhatul Ulama (NU) Jombang Kota mengadakan kegiatan Nuzulul Quran dengan memberikan santunan bagi anak yatim, Naharul Qira’ah serta mengadakan Bazar. 

 

Hj Hasanah, Ketua PAC Muslimat NU Jombang Kota mengatakan, kegiatan Muslimat biasanya diadakan satu bulan sekali bergilir antar ranting. Namun, karena bertepatan dengan bulan Ramadhan maka acara dikemas dalam kegiatan Nuzulul Qur’an dengan harapan ibu-ibu Muslimat lebih semangat dalam membaca Al-Quran.

 

“Kegiatan Nuzulul Quran ini untuk meningkatkan semangat dan menggali potensi ibu-ibu Muslimat dalam membaca Al-Qur'an. Selain itu juga sebagai pengingat bahwa bulan Ramadhan ini merupakan bulan turunnya Al-Qur’an," ujarnya.

 

Hj Hasanah menyampaikan, dalam kegiatan Nuzulul Qur'an ini, ada beberapa rangkaian acara. Dimulai dengan pembagian santunan kepada anak yatim, Naharul Qiro’ah lalu kemudian Bazar.

 

“Bantuan yang diberikan berupa uang kepada sekitar 100 anak yatim. Masing-masing Ranting, ada 5 anak yatim yang disantuni," jelasnya.

 

Perempuan yang akrab disapa Bu Has ini menjelaskan, kegiatan lainnya yaitu Naharul Qira’ah.

 

“Naharul Qira’ah merupakan pembacaan Al-Quran dengan tilawah dan lagu. Teknisnya, tiap ranting muslimat se-kecamatan Jombang diberi kesempatan untuk mengajukan 1 peserta qiro'ah dari ibu-ibu. Sehingga total seluruhnya ada 20 peserta," ungkapnya.

 

Bu Has menambahkan, untuk teknis Naharul Qira’ah, tiap peserta menyetorkan maqro’ untuk qira'ah. Naharul Qiraah ini diharapkan dapat menyentuh hati orang-orang dengan tilawah, bacaan Al-Qur’an.

 

“Al-quran itu sangat hebat karena bisa memberikan syafaat bagi yang membaca dan mendengarkan. Karena itu mari kita memperingati nuzulul Qur'an ini dengan tilawah," imbuh Hj Hasanah yang juga merupakan wakil ketua bidang dakwah di Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Jombang saat ini. 

 

Bu Has menambahkan, kegiatan Nuzulul Qur’an ini sudah pernah diadakan sebelum pandemi. Namun dulunya, kegiatan ini dikemas dalam bentuk cerdas cermat Al-Quran yang diikuti oleh Ibu-ibu Muslimat.

 

“Qiro’ah berjalan dengan lancar mulai dari peserta no urut 1 hingga 20, dan untuk Qori’ terbaik yaitu Ibu Fatihah Husni, guru TPQ di Desa Gedang,Tambakberas. Serta Ibu Nur Chamidah, guru TK Muslimat 2 Tambak Beras, yang mendapatkan penghargaan hadiah dari Kepala Desa Sambongdukuh, Jombang," jelasnya.

 

Selain itu, Bu Has juga menjelaskan terkait kegiatan Bazar yang turut sukses dalam rangkaian kegiatan Nuzulul Qur’an ini.

 

“Bazar berjalan sukses, 20 Pimpinan Ranting se-kecamatan Jombang menjual berbagai macam produk di tiap Rantingnya. Antara lain, aneka macam produk untuk hari raya seperti kacang, kue nastar, rengginang. Dan ada juga menjual aneka jus. Ibu-ibu sangat antusias dan semangat meramaikan kegiatan,” ungkapnya.

 

Bertempat di Masjid As-Syuhada, Desa Sambongdukuh Jombang, kegiatan ini dihadiri sekitar 250 orang yang terdiri dari 20 Ranting se-kecamatan Jombang pada Sabtu (16/04/2022). 

 

Ada pula tamu undangan dari Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Jombang Kota, Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Jombang, Sesepuh Muslimat yaitu Hj Muktamaroh Al-Faqih dan Hj Endang Khususiyah. Hadir pula kepala desa Sambongdukuh serta Ta’mir Masjid As-Syuhada.


Daerah Terbaru