• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

Pena Jurnalis, Upaya SMP Darul Ulum 5 Jombang Cetak Jiwa Literasi Anak

Pena Jurnalis, Upaya SMP Darul Ulum 5 Jombang Cetak Jiwa Literasi Anak
Pena Jurnalis SMP Darul Ulum 5 Jombang di Laboratorium Komputer SMP Darul Ulum 5 Jombang pada Jumat (01/09/2023). (Foto: NU Online Jombang/Ira Wahyu Wardhani)
Pena Jurnalis SMP Darul Ulum 5 Jombang di Laboratorium Komputer SMP Darul Ulum 5 Jombang pada Jumat (01/09/2023). (Foto: NU Online Jombang/Ira Wahyu Wardhani)

NU Online Jombang,

Mempunyai keinginan mencetak jiwa literasi anak sejak dini untuk cinta menulis, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Ulum 5 Jombang menggelar Pelatihan Anak Jurnalis (Pena Jurnalis). 

 

Dengan mengusung tema, ‘Mencetak Jurnalis Berjiwa Literasi dan Cinta Menulis’, kegiatan ini bertempat di Laboratorium Komputer SMP Darul Ulum 5 Jombang pada Jumat (01/09/2023). 

 

Ketua pelaksana kegiatan, Nabila Maulidatus Sholichah mengatakan, tujuan kegiatan ini pertama yaitu untuk memperkenalkan kepada siswa-siswi di SMP Darul Ulum 5 Jombang terkait ekstrakurikuler Jurnalis Cilik yang baru terbentuk. Ini juga dalam rangka mempersiapkan generasi baru Jurnalis yang berjiwa literasi dan cinta dalam menulis.

 

“Selain itu, Pena Jurnalis ini juga sebagai wadah siswa-siswi dalam mengoptimalkan potensi diri dan pengetahuan keorganisasian, khususnya di bidang jurnalistik,” ujarnya.

 

Pelajar yang akrab disapa Nabila ini menjelaskan, alur kegiatan diawali dengan sosialisasi, kemudian pendaftaran, dilanjutkan screening, technical meeting dan pelatihan. 

 

"Pena Jurnalis ini melibatkan kader dari siswa-siswi SMP Darul Ulum 5 Jombang. Terdapat 4 materi dalam pelatihan ini antara lain urgensi budaya literasi, jurnalistik tingkat dasar, teknik reportase, serta desain grafis dan editing video,” jelasnya.

 

Nabila menerangkan, setelah materi disampaikan, kader langsung praktik lapangan dan mendapatkan misi tambahan untuk menemukan pin jurnalis.

 

“Rangkaian acara diakhiri dengan pelantikan kader jurnalis cilik SMP Darul Ulum 5 Jombang dengan disematkannya id card dan pemasangan pin jurnalis sebagai tanda pengenal. Kegiatan berjalan dengan khidmat dan lancar,” ungkapnya.

 

Ia berharap, Pena Jurnalis ini bisa menjadi alternatif siswa-siswi dalam mengembangkan potensi baik hardskill dan softskill yang lebih optimal untuk menjadi jurnalis yang berjiwa literasi dan cinta menulis.

 

Sementara itu, peserta Pena Jurnalis, Afifta Nanda Aulia Sari menuturkan, kegiatan Pena Jurnalis sangat seru, terlebih saat mendapatkan misi menemukan pin dalam keadaan bergandengan satu kelompok dan tidak boleh terlepas sebelum pin ditemukan.

 

“Menyenangkan sekali bisa belajar dan menambah pengalaman tentang jurnalistik melalui kegiatan ini,” ucapnya.

 

Ia berharap, ekstrakurikuler jurnalis cilik SMP Darul Ulum 5 Jombang bisa semakin baik ke depannya dan dapat menginspirasi siswa-siswi lainnya untuk memiliki jiwa literasi dan cinta menulis.

 

Sebagai informasi, Pena Jurnalis dihadiri kurang lebih 20 orang yang terdiri dari 16 peserta dan 4 lainnya yakni pemateri dan pembina. 


Daerah Terbaru