• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 28 Mei 2024

Daerah

Ngalap Berkah Melalui Pondok Ramadhan di Pesantren Tambakberas

Ngalap Berkah Melalui Pondok Ramadhan di Pesantren Tambakberas
Kepala SMAN 1 Jombang Dyah Ayu Endrianingsih saat membuka Pondok Ramadhan di Asrama As-Sa'idiyah 1 Pesantren Tambakberas, Senin (1/4/2024). (Foto: Dok SMAN 1 Jombang)
Kepala SMAN 1 Jombang Dyah Ayu Endrianingsih saat membuka Pondok Ramadhan di Asrama As-Sa'idiyah 1 Pesantren Tambakberas, Senin (1/4/2024). (Foto: Dok SMAN 1 Jombang)

NU Online Jombang, 
Upaya serius dari SMAN 1 Jombang layak ditiru. Terutama dalam membangun karakter siswanya. Di tengah warga religius yang dikenal Kota Santri, SMAN 1 setiap tahun menggelar Pondok Ramadhan di Tambakberas.


Tahun ini, kegiatan  digelar di Asrama As-Sa'idiyah 1, Senin-Rabu (1-3/4/2024). Pesertanya seluruh siswa kelas X dan sebagian kelas XI. Sedangkan narasumber seluruhnya dari pihak Pesantren Tambakberas.


Ketua panitia Annida Nur Fajriyah menjelaskan, jumlah peserta kelas X sebanyak 303 anak. "Yang kelas XI sebanyak 27 siswa, itu yang tahun kemarin belum ikut," ujarnya.


Siswi berkacamata ini menambahkan, selama kegiatan dipisah antara peserta putra dengan putri. "Ini yang membedakan jika Pondok Ramadhan tetap digelar di sekolah, tentu akan lebih tertata dan disiplin," imbuhnya.


Peserta akan merasakan nuansa lingkungan belajar berbeda dengan kehidupan keseharian selama ini. "Termasuk peserta dilarang membawa handphone selama kegiatan," ucapnya.


Namun diakui ada beberapa materi yang kadang digabung antara peserta putra dengan putri. Selain sesi pembukaan dan penutupan. "Tapi nuansanya tetap beda, karena ini digelar di pesantren," jelasnya.


Materi yang diberikan, imbuhnya, tidak hanya terkait dengan ibadah Ramadhan. Termasuk akidah, akhlak remaja, mengaji Al-Qur’an, thaharah dan shalat safar. 


Khusus tahun ini, ada sesi praktik ibadah, agar kualitas siswa meningkat saat mengamalkan. "Praktik ibadah untuk sesi materi wudhu dan shalat wajib," bebernya.


Sedangkan materi yang diberikan secara intensif ada dua. Materi risalatul mahid untuk peserta putri. Materi shalat Jumat dan shalat jenazah untuk peserta putra. "Sesi ini peserta dipisah antara putra dengan putri," tambahnya.


Saat membuka acara, Kepala SMAN 1 Jombang Dyah Ayu Endrianingsih berpesan kepada para peserta agar serius mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Meski tradisi pesantren tentu berbeda dengan kebiasaan di rumah.


Tentu peserta harus bisa menyesuaikan. "Agar karakter peserta didik makin dibiasakan menjadi baik lagi," ujarnya. 


Perempuan dua putra ini menambahkan bahwa Pesantren Tambakberas adalah pesantren tua di Jombang. "Tentu banyak berkahnya saat kalian thalabul ilmi di sini," imbuhnya.


Apresiasi diberikan pengasuh Asrama As-Sa'idiyah 1 Nyai Sa'adatul Athiyah. "Semoga tujuan kegiatan ini tercapai dan para peserta menjadi anak yang lebih solih," pungkasnya.


Penulis: Mukani


Daerah Terbaru