• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Senin, 15 April 2024

Daerah

Masuk di MAN 3 Jombang, Pilih Jurusan dan Program Favorit Anda

Masuk di MAN 3 Jombang, Pilih Jurusan dan Program Favorit Anda
Tampak dari atas bangunan MAN 3 Jombang (Dok. NU Online Jombang)
Tampak dari atas bangunan MAN 3 Jombang (Dok. NU Online Jombang)

NU Online Jombang, 
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang berlokasi di kawasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang. Salah satu madrasah negeri yang kerap menorehkan prestasi ini memiliki empat gedung, yaitu gedung induk, gedung utara, timur, dan gedung SBSN.


Sedangkan jurusan yang disediakan adalah MIPA, IPS, Agama, dan Bahasa. Pada setiap jurusan ini memiliki program-program. Untuk jurusan MIPA misalnya, ada tiga program, yaitu unggulan, keterampilan, dan reguler. Tiga program itu juga dimiliki jurusan IPS. 


Sementara untuk jurusan Agama hanya mempunyai satu program yaitu reguler. Peserta didik yang menempuh jurusan ini mempunyai ciri khas yaitu kemampuannya dalam menghafal Al-Qur’an.


Jurusan Bahasa juga memiliki satu jurusan, yaitu reguler. Kendati begitu, di dalamnya tersedia program empat bahasa, yaitu Arab, Inggris, Jepang, dan Indonesia.


Selain itu, MAN 3 Jombang membuka program ekstrakurikuler. Program ini disiapkan untuk peserta didik yang mempunyai minat tinggi, tetapi minat tersebut masih belum terasah dengan baik. 


Bagi siswa-siswi yang sudah mengetahui bakat dan minatnya di bidang tertentu, bisa langsung aktif di divisi, karena di MAN 3 Jombang tersedia banyak wadah yang siap mendorong bakat para peserta didiknya. Seperti OSIS dan ESO untuk mereka yang senang dalam bidang organisasi.


Sedangkan para peserta didik yang suka membuat karya tulis ilmiah bisa memanfaatkan wadah di LAKIRA. Apapun mereka yang punya spirit tinggi untuk ikut olimpiade, bisa aktif di BPMO. 


Tidak berhenti di situ, MAN 3 Jombang juga mewadahi siswa-siswinya yang senang di dunia robotik. Dalam hal ini madrasah sudah menyiapkan tim yang berkompeten dan siap membimbing peserta didik. Selanjutnya, siswa dan siswi yang mau jadi duta, bisa memanfaatkan wadah PIK-R. 


Bulan ini MAN 3 Jombang sudah membuka pendaftaran bagi peserta didik baru. Dimulai dari 1-18 Maret 2023. Pembina OSIS MAN 3 Jombang, Verda Agustina Wintaryanti menyampaikan bahwa calon peserta didik MAN 3 Jombang harus menyiapkan diri mengikuti setiap proses yang sudah ditetapkan madrasah.


“Bagi yang mau daftar harus siap dengan membagi waktu antara pondok dan madrasah. Jika sudah diterima di MAN 3 jangan sembunyikan potensi dan talenta yang dimiliki. Harus dikembangkan dan ditingkatkan,” ujarnya beberapa waktu berselang.

 

Penulis: M Ikmal Maulidan


Daerah Terbaru