• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 20 Juni 2024

Daerah

Gus Hasib ungkap Kiai Amanulloh adalah Sosok yang Alim dan Istimewa

Gus Hasib ungkap Kiai Amanulloh adalah Sosok yang Alim dan Istimewa
KH Hasib Wahab. (Foto: Annajiyah 2 Media)
KH Hasib Wahab. (Foto: Annajiyah 2 Media)

NU Online Jombang,
Ketua Majelis Pengasuh Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, KH Hasib Wahab mengungkapkan bahwa KH Amanulloh Abdurrochim adalah sosok yang alim dan istimewa. 


Hal ini ia sampaikan saat memberikan sambutan pada Haul ke-17 KH Amanulloh Abdurrochim di Gedung Yayasan Pesantren Bahrul Ulum, Kamis (23/05/2024) malam.


"Kiai Amanulloh merupakan sosok kiai dan politikus. Kiai Aman sosok dengan karakter yang luar biasa alim dan pekerja keras dalam belajar. Ia wafat pada tanggal 4 Dzulqa’dah,” kata Gus Hasib, sapaannya. 


“Alhamdulillah malam ini telah berlangsung haul yang ke-17 Kiai Aman. Saya sedikit menyambung saja, dulu saya pernah satu pondok dengan Kiai Aman di Tegalrejo,” ungkapnya.


Gus Hasib menceritakan bahwa Kiai Aman mengikuti madzhab seperti Mbah Wahab dalam bidang politik.


“Kiai Aman ini bermadzhab seperti Mbah Wahab, Kiai Aman termasuk orang pesantren yang alim dan terjun ke politik,” lanjutnya.


Ia melanjutkan ceritanya, jika tidak terjun ke politik itu sama seperti madzhab Kiai Hamid yang ingin fokus pada ngaji dan mengajar, tidak mau untuk terjun di dunia politik. 


“Saya setuju jika ada yang merancang untuk menulis biografi Kiai Aman. Agar anak cucunya, para santri, dan kita semua bisa membaca serta meneladani Kiai Aman,” terangnya.


Menurut Gus Hasib, Kiai Aman adalah orang istimewa yang dalam arti Kiai Aman juga sahabat Gus Dur mulai dari mondok di Tegalrejo. 


“Mudah-mudahan semua amal Kiai Aman dan semua ilmu-ilmunya bisa bermanfaat serta berkah untuk kita semua. Dan semoga segala amal-amalnya diterima Allah swt,” pungkasnya.


Daerah Terbaru