• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

LDNU Jombang Bekali Remaja Penguatan Aswaja dan Wawasan Kebangsaan

LDNU Jombang Bekali Remaja Penguatan Aswaja dan Wawasan Kebangsaan

NU Jombang Online,
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jombang, Jawa Timur bersinergi dengan Pengurus LDNU tingkat kecamatan di Ngoro, Jombang membekali para remaja terkait penguatan paham Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah di SMA PGRI Ngoro.

Ketua PC LDNU Jombang, Aang Fatihul Islam menjelaskan, penguatan Aswaja an-Nahdliyah dinilai sangat penting dilakukan di kalangan remaja yang ada di SMA. Pasalnya, saat ini ada pihak atau kelompok yang berafiliasi dengan paham radikal juga liberal yang mencoba ingin memasukkan ajaran-ajarannya kepada para remaja.

"Untuk itu kita berikan penguatan Aswaja pada para generasi muda yang masih duduk di SLTA," katanya kepada NU Jombang Online, Ahad (26/5).

Tak hanya itu, LDNU juga menanamkan kecintaan mereka terhadap tanah air Indonesia melalui wawasan kebangsaan. Baginya, penguatan Aswaja an-Nahdliyah juga tidak bisa lepas dengan upaya menguatkan cinta generasi bangsa kepada tanah air. Dua saspek itu menurut dia harus sama-sama ditanamkan kepada para generasi bangsa.

"Selain itu, kita juga berikan wawasan agar selalu cinta NKRI dan ikut menjaga Pancasila sebagai dasar negara," imbuh pria yang juga dosen STKIP PGRI Jombang ini.

Adapun beberapa materi yang disampaikan kala itu di antaranya pengantar Aswaja nusantara, Aswaja dan deradikalisasi serta Aswaja, NKRI dan Pancasila.

Pantauan di lokasi, puluhan pelajar SMA PGRI Ngoro antusias mengikuti pembekalan ini. Sesekali salah seorang di antara mereka bertanya guna lebih memantapkan pemahamannya terkait Aswaja an-Nahdliyah dan wawasan kebangsaannya. (Syamsul Arifin)


Editor:

Daerah Terbaru