• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Pustaka

Seorang Ayah Membesarkan Hati dan Mendidik Anaknya dengan Kejujuran

Seorang Ayah Membesarkan Hati dan Mendidik Anaknya dengan Kejujuran
Cover Novel Tere Liye berjudul 'Ayahku (Bukan) Pembohong'. (Foto: Gramedia)
Cover Novel Tere Liye berjudul 'Ayahku (Bukan) Pembohong'. (Foto: Gramedia)

Buku ini diterbitkan pada tahun 2016 oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Sebuah novel dengan judul 'Ayahku (Bukan) Pembohong' ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama Dam. Ia adalah seorang anak yang dibesarkan dengan kisah petualangan ayahnya dulu.


Dam berasal dari keluarga yang serba pas-pasan. Tak jarang pula ia di-bully teman-temannya karena tubuhnya yang pendek dan rambutnya yang keriting. Namun sang ayah selalu bisa membesarkan hati Dam dengan kisah-kisahnya. Entah berapa tempat yang sudah dikunjunginya, ayah Dam selalu punya cerita.


Dam semula sangat menyukai ceri-cerita yang disampaikan ayahnya meski bagi Dam terdengar fiksi. Misalnya saat sang ayah menceritakan bahwa ayahnya mencari apel emas di Lembah Bukhara, suku Penguasa Angin, dan ayahnya berteman sangat dekat dengan pemain bola yang menurut Dam adalah pemain terhebat di seluruh dunia, yaitu El Capitano alias El Prince.


Namun, semenjak umur 20 tahun, Dam memutuskan untuk tidak lagi mempercayai cerita ayahnya yang dinilai hanya sebatas dongeng itu. Bahkan Dam mulai membenci cerita-cerita itu, menganggapnya kebohongan yang hanya dibuat-buat oleh ayahnya.


Ia juga tak suka jika ayahnya itu menceritakan kisah perjalanan yang tak nyata itu kepada kedua anaknya Zas dan Kom. Menurutnya anak-anaknya adalah generasi modern yang dididik dengan kerja keras bukan cerita yang tak nyata.


Demi menjauhkan anak-anaknya dari pengaruh buruk dongeng sang ayah, Dam rela mengusir ayahnya dari rumahnya. Dengan berat hati sang ayah meninggalkan anak-anak kesayangannya dan kembali ke rumah lamanya. Kalian pastinya bisa tahu sendiri bagaimana perasaan ayahnya saat dituduh sebagai pembohong oleh anaknya.


Hingga sang ayah meninggal Dam tetap tak percaya dengan dongeng ayahnya. Saat di pemakaman sang ayah semua tokoh yang ada di dongeng ayahnya dulu hadir. Bahkan pemain bola idolanya yang dulu diceritakan sebagai teman ayahnya juga hadir di sana.


Dan mulai saat itu Dam tahu bahwa selama ini ayahnya memang tidak berbohong. Tapi, semua itu sudah terlambat. Sang ayah telah meninggalkan dunia untuk selamanya.


Identitas Buku:

Penulis: Tere Liye
Penerbit: PT Gramedia Pustaka utama 
Judul: Ayahku (Bukan) Pembohong 
ISBN: 978-979-22-6905-1
Tebal buku: 304 halaman
Tahun terbit: April 2016

 

*Presensi: Lailatul Fikriyah, Siswi Kelas X MIPA 6 MAN 3 Jombang


Pustaka Terbaru